Mengenal Vending Machine? Begini Cara Kerjanya!

Mengenal Vending Machine? Begini Cara Kerjanya!

Menjual di vending machine memang membuat produkmu akan lebih stand out dan tampil beda dari brand kompetitor lainnya-Bengkulu Ekspress-Istimewa

Jenis produk yang bisa dijual di vending machine sekarang juga sangat variatif. TIdak hanya makanan dan minuman ringan di kemasan, sekarang sudah ada vending machine yang menjual makanan lauk cepat saji sampai makanan sehat seperti salad. 

BACA JUGA:Nikmatnya Sate 'Torpedo' Kambing, Bisa Tingkatkan Gairah dan Kesuburan Pria!

Uniknya lagi, banyak produk yang tidak biasa yang juga dijual di vending machine. Mulai dari vending machine skincare, kosmetik, tas, pakaian, dan yang paling mahal mungkin vending machine emas di Arab Saudi. Pokoknya, sebenarnya hampir semua jenis barang bisa dijual di mesin ini.

Cara kerja vending machine secara umum

Munculnya vending machine yang unik dan canggih membuat kita selalu berpikr, bagaimana cara kerja vending machine? Memakai vending machine mudah sekali. Kita tinggal memilih produk, menyelesaikan proses pembayaran, dan produk akan langsung keluar dari dispense box yang ada di bagian bawah mesin. 

Ada pula vending machine yang tidak menjual produk fisik melainkan berupa produk digital. Di vending machine analog yang masih menggunakan tombol untuk memilih barang, keypad ini berperan sebagai ‘penyalur’ antara pengguna dan sistem komputer yang tertanam di vending machine. 

BACA JUGA:WAJIB TAHU! Tanda Seseorang Akan Meninggal, Kata Gus Baha Bisa Dilihat dari Kakinya

Sama seperti smart vending machine yang menggunakan layar sentuh, setelah mendapatkan informasi dari pengguna (disini informasinya berarti barang yang sudah akan kita beli), sistem akan mengirimkan sinyal ke komputer untuk memproses pembayaran. Setelah pembayaran sudah terverifikasi, produk akan dikeluarkan dari mesin. 

Vending machine punya baris-baris di dalam mesin yang berisi rak untuk menyimpan produk. Ingat kan lingkaran-lingkaran besi yang membatasi antar produk di rak mesin itu? Nah, kumparan lingkaran ini dikontrol oleh alat motor listrik yang akan teraktivasi ketika proses pembayaran sudah diselesaikan. 

Beberapa vending machine juga ada yang menggunakan alat penjepit agar produk bisa dikeluarkan dengan lebih hati-hati sehingga aman untuk produk yang rawan rusak. Membahas tentang raknya, walaupun terlihat simpel, tapi ternyata adalah komponen yang cukup kompleks dari mesin ini lho! Di bagian bawah 'rak' tersebut, ada alat pendeteksi apakah produk kita sudah keluar atau tidak. Ketika produk kita sudah melewati pendeteksi ini, maka sistem mesin akan mendapat informasi kalau produknya sudah sukses dikeluarkan. 

BACA JUGA:Ustadz Adi Hidayat Ungkap Tanda Akhir Zaman Sudah Terjadi sesuai Penjelasan Alquran

Bagaimana transaksi dilakukan

Vending machine tunai biasanya menerima pembayaran dengan uang logam atau lembaran uang kertas. Pada pembayaran dengan uang logam, mesin menggunakan sistem elektromagnetik untuk mengukur diameter dan tipe juga ketebalan koin yang sudah kita masukkan. 

Sedangkan, ketika kita membayar dengan uang kertas, uang ini harus rapi, tidak lecek, dan tidak terlipat agar bisa terbaca oleh bill acceptor pada mesin. Akan dilakukan proses autentifikasi. Mesin punya semacam scanner yang mengirimkan gambar uang ini ke komputer, yang kemudian diperiksa apakah uang ini sesuai jumlahnya. Tentunya program di mesin harus selalu di-update kalau-kalau ada seri uang baru yang dikeluarkan oleh bank.

BACA JUGA: Pasar Setan Gunung Lawu yang Terkenal Angker!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: