Mengenal Vending Machine? Begini Cara Kerjanya!

Mengenal Vending Machine? Begini Cara Kerjanya!

Menjual di vending machine memang membuat produkmu akan lebih stand out dan tampil beda dari brand kompetitor lainnya-Bengkulu Ekspress-Istimewa

BENGKULUEKSPRESS.COM - Siapa yang belum pernah menggunakan vending machine? Dulu sekali, mesin ini memang umumnya hanya bisa kita temukan di bandara, stasiun kereta api, ataupun terminal bus. 

Tetapi, kemajuan vending machine bisa dibilang begitu pesat. Tidak hanya di tempat-tempat umum tadi, banyak juga mesin yang bisa kita temukan di pabrik, kantor, sekolah, res area jalan tol atau di tengah-tengah shopping mall. Penggunaan mesin ini juga seringkali dimanfaatkan sebagai strategi bisnis terutama untuk bagian pemasaran. 

BACA JUGA:Kota Depok, Ternyata Pernah Menjadi Negara dan Memiliki Presiden!

Banyak brand yang mengandalkan penjualan dengan vending machine dalam perilisan produk mereka. Menjual di vending machine memang membuat produkmu akan lebih stand out dan tampil beda dari brand kompetitor lainnya? Banyaknya vending machine di sekitar membuat kita pasti pernah menggunakannya paling tidak sekali. 

Mesin besar yang terlihat bercahaya dan menjual produk-produk yang umumnya makanan dan minuman ini rasanya selalu ditempatkan di lokasi yang tepat untuk ‘mensugesti’ kita membeli sesuatu. Entah sambil menunggu keberangkatan pesawat sampai untuk menghilangkan haus saat berada di rest area jalan tol.

Kita mudah penasaran dengan hal-hal yang terjadi disekitar kita walaupun hal tersebut sangat ‘random’. Apalagi soal vending machine yang sistemnya tampak membingungkan. Kamu pernah nggak, sambil melakukan transaksi di vending machine dan menunggu barang yang kamu beli keluar dari mesin, memikirkan bagaimana mesin ini sebenarnya bekerja?

BACA JUGA:Mau Rezeki Mengalir Deras? Kata Syekh Ali Jaber Lakukan ini Jelang Subuh

Bagaimana ia tahu produk apa yang sudah kita beli? Yuk, kita simak prosesnya secara simpel. Tenang guys, kami tahu kok kamu sudah cukup pusing dengan pekerjaan dan tidak mau tambah pusing karena membaca artikel yang memakai istilah rumit.

Jenis-jenis vending machine

Sebelum sampai ke bagaimana mesin bekerja, kita harus tahu dulu jenisnya. Saat ini, vending machine bukan hanya berjenis mesin analog dimana kita perlu memasukkan uang koin atau lembaran kertas untuk mendapatkan botol minuman. Barang yang dijual juga kelihatan tersusun di rak-rak mesin dan tinggal kita pilih dengan menekan tombol tertentu. 

Perkembangan teknologi memungkinkan kita untuk merasakan pengalaman canggih dengan hadirnya smart vending machine. Di mesin ini, layarnya bukan berupa kaca transparan seperti mesin analog, melainkan berbentuk layar sentuh. Di layar ini bisa ditampilkan katalog produk yang kita jual dan dari layar inilah pelanggan bisa memilih apa yang ingin mereka beli. 

BACA JUGA:Lakukan 5 Amalan Sederhana ini, InsyaAllah Rezeki Lancar dan Melimpah

Jika mesin sedang dalam keadaan tidak terpakai, di layar akan terlihat iklan produk kita berupa video atau foto, atau materi apapun yang sekiranya akan menarik minat orang-orang untuk mendatangi mesin. Serasa ipad raksasa nggak sih? Bedanya yang ini bisa mengeluarkan produk. 

Tidak hanya smart vending machine, saat ini vending machine analog juga ada yang bisa di-upgrade dengan teknologi touchscreen ini. Kita bisa memilih produk lewat layar dan bukan melalui tombol.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: