30 Gapoktan Penerima PUAP

30 Gapoktan Penerima PUAP

  \"kelompokTAIS, BE – Tahun ini Dinas Pertanian dan perkebunan kabupaten Seluma telah melakukan penyeleksian 30 gabungan kelompok tani (Gapoktan) yang akan mendapatkan dana program usaha agribisnis pedesaan (PUAP). Ke-30 kelompok tani itu telah diajukan  ke Kementrian Pertanian beberapa hari lalu.

“Gapoktan yang diusulkan adalah Gapoktan yang belum pernah menerima bantuan sama sekali sebelumnya,” ujar Kepala Dinas  Pertanian Peternakan dan Perkebunan Kabupaten Seluma Rosman Effendi BSc SSos MM, kepada BE.

Disampaiakan jika pada tahun 2012 lalu sebanyak 16 Gapoktan yang sudah diberikan bantuan dana PUAP untuk meningkatkan aktivitas dan kegiatan pertanian.  Besarnya dana PUAP yang akan disalurkan oleh kementrian tidak berbeda dibandingkan tahun sebelumnya, senilai  Rp 100 juta setiap kelompok. Namun pengurus Gapoktan masih harus tetap menyampaikan laporan pertanggungjawabannya ke dinas. Laporan tersebut juga harus sesuai dengan rencana usulan bersama (RUB) serta rencana kerja bersama (RKB) yang sudah disetujui oleh masing-masing anggota Gapoktan.

“Setelah  anggarannya disalurkan, kemudian program yang sudah disusun bersama harus dilaksanakan oleh Gapoktan penerima dana,” terang Rosman Effendi.

Program PUAP ini disalurkan untuk membantu kelompok tani yang tergabung dalam Gapoktan. Misalnya, untuk pembelian bibit sawit, kemudian untuk pembelian bibit padi. Atau juga untuk keperluan simpan pinjam anggota kelompok tani yang ada di setiap kecamatan. “Ini juga untuk membantu sejumlah kelompok tani yang ada dapat berkembang dan maju sehingga keanggotaanya terus bertambah,”terangnya.(333)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: