Sebelum Berhutang, Perhatikan Hal-hal Berikut

Sebelum Berhutang, Perhatikan Hal-hal Berikut

Ilustrasi Hutang-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM- Hutang merupakan suatu hal yang seringkali tidak dapat dihindarkan bagi sebagian orang.

Berhutang merupakan salah satu solusi saat seseorang memiliki masalah hidup terutama masalah kuangan. Namun dalam hal hutang piutang banyak yang tidak tahu tentang adab dan etik dalam berhutang.

Kurangnya pemahaman tentang adab dan etika dalam berhutang, terkadang memicu konflik antara pemberi serta peminjam. Oleh karena itu, sebelum melakukan perkara hutang-piutang, maka hal-hal berikut perlu menjadi perhatian.

BACA JUGA:Hutang Masih Menggunung, Begini Amalan Doa Pelunas Hutang Kata Ustadz Adi Hidayat

1. Berniat untuk Membayarnya.

Setiap orang yang berhutang harus berniat untuk melunasinya sesegera mungkin. Dengan niat akan membayar atau melunasi hutang, maka Allah SWT akan mempermudah dalam proses melunaskan hutang tersebut.

Hal ini sebagai mana disabdakan oleh Rasulullah SAW.

"Barangsiapa yang mengambil harta-harta manusia (berutang) dengan niatan ingin melunasinya, Allah akan melunaskannya. Dan barangsiapa yang berutang dengan niat ingin merugikannya, Allah akan membinasakannya". (HR Bukhari)

2. Hutang jadi Penghambat Masuk Surga

Bila seseorang menyepelekan masalah hutang, bahkan ia enggan untuk membayarnya padahal ia mampu. Maka perkara hutangan piutang yang ia lakukan tersebut akan menghambatnya untuk masuk surga.

Hal tersebut sesuai dengan hadist Rasulullah SAW.

"Barangsiapa ruhnya berpisah dari jasad sedangkan ia terbebas dari tiga perkara ini, ia pasti akan masuk surga. Yaitu terbebas dari sombong, khianat, dan utang". (HR Ibnu Majah).

BACA JUGA:Doa Mustajab Melunasi Hutang yang Diajarkan Rasulullah SAW

3. Menunda Hutang Adalah Zalim

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: