Chatbox AI Bakal Sebabkan Kiamat bagi Situs dan Media Online?

Chatbox AI Bakal Sebabkan Kiamat bagi Situs dan Media Online?

Google akan merilis sejumlah fitur baru, salah satunya Chatbox AI yang bakal menjadi kiamat bagi situs dan media online-Bengkulu Ekspress-Istimewa

BENGKULUEKSPRESS.COM - Perkembangan dunia teknologi, khususnya dalam hal Chatbot AI ternyata juga diikuti oleh Google. Hal ini diungkap dalam konferensi pengembang tahunan Google yang diselenggarakan di Mountain View, California, Amerika Serikat, .

Dalam acara tersebut, diungkap bahwa Google akan merilis sejumlah fitur baru, termasuk di antaranya adalah Chatbot AI alias mesin pencari berbasis kecerdasan buatan.

BACA JUGA:Rachmat Gobel: Lebih Prioritas Subsidi Petani atau Mobil Listrik?

Berdasarkan laporan yang dikeluarkan Forbes, , pertemuan tersebut mengungkap perubahan paling radikal yang akan dikeluarkan Google semenjak mesin pencari tersebut merajai internet sejak awal 2000-an. Hal ini diperkirakan bisa memberikan dampak mengerikan bagi industri penerbitan atau media online yang sejauh ini masih berjuang untuk bertahan.

Lantas, bagaimana Chatbot AI milik Google ini bekerja? Contohnya begini, jika sebelumnya kamu mengetik “mana yang lebih baik untuk keluarga dengan anak berusia 3 tahun dan seekor anjing, piknik ke Arches National Park atau Bryce Canyon?” maka yang akan keluar pada hasil pencarian Google bisa jadi nggak memuaskanmu.

Seringkali, yang keluar adalah paket tur ke tempat-tempat wisata tersebut. Kamu juga masih harus mengeceknya satu per satu untuk menentukan mana yang lebih baik di antara kedua tempat wisata tersebut.

BACA JUGA:Doa Saat Melepas dan Memakai Pakaian

Nah, beda cerita jika kamu mencarinya pada fitur Chatbot AI yang dikembangkan oleh Google ini. Yang keluar setelah kamu menekan tombol Enter adalah sejumlah paragraf yang memberikan jawaban tentang mana yang lebih baik di antara Arches National Park atau Bryce Canyon, lengkap dengan alasannya, pertimbangan usia anak, hingga informasi tentang anjing jika berada di sana.

Intinya, yang keluar langsung berupa jawaban dari pertanyaan yang kamu ajukan sebelumnya.

Kok bisa Chatbot AI melakukan hal yang ajaib ini? Google menyebut AI yang mereka kembangkan dilatih sedemikian rupa untuk membaca semua informasi yang sesuai dengan yang ditanyakan pada kolom pencarian. Informasi itu kemudian dipilah dan dirangkum sedemikian rupa untuk menghasilkan jawaban yang enak dibaca.

“Kalau kamu masih belum puas dan pengin tahu lebih lanjut, ada tautan yang juga tersedia di sebelah rangkuman jawaban itu,” jelas Google.

BACA JUGA:Bisa Cair Rp 500 Juta, Ini Dia Tips Jitu Agar Pengajuan KUR BCA Disetujui!

Meski akan memudahkan banyak orang, dampak dari hal ini bisa sangat buruk bagi industri penerbitan atau media online. Soalnya, dengan hanya mengetik pertanyaan di kolom pencarian, jawaban akan langsung disediakan. Netizen nggak perlu lagi klik situs-situs yang menyediakan jawaban tersebut.

Padahal, kamu tahu sendiri kan, jumlah pengunjung pada suatu situs mempengaruhi seberapa banyak iklan mau menempelkan produknya di situs mereka. Iklan itulah yang menghidupi pemilik situs-situs tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: