Mau Mendapat Syafaat Rasulullah SAW di Hari Kiamat, Ini Syaratnya

Mau Mendapat Syafaat Rasulullah SAW di Hari Kiamat, Ini Syaratnya

Ilustrasi-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM- Setelah alam semesta dihancurkan oleh Allah SWT, kemudian manusia dibangkitkan dan dikumpulkan di Padang Masyar.

Semua manusia dari zaman Nabi Adam AS hingga Umat Nabi Muhammad SAW atau umat akhir zaman akan dikumpulkan di Padang Mahsyar.

Saat dikumpulkan di Padang Mahsyah ini, manusia akan sibuk memikirkan nasib masing-masing. Manusia mencemaskan apakah amal mereka saat di dunia cukup untuk membawa mereka ke surga atau justru akan dilemparkan ke dalam negara.

BACA JUGA:Ingin Mendapat Syafaat pada Hari Kiamat, Lakukan 5 Amalan Ini

Di Padang Mahsyar ini, Rasulullah satu-satu orang yang bisa memberikan syafaat atau pertolongan khususnya kepada umat Islam. Dengan mendapat syafaat dari Rasulullah maka ia akan mendapat jaminan bebas dari siksa kiamat dan masuk ke dalam surga Allah SWT.

Namun syafaat dari Rasulullah tersebut tidak akan didapatkan oleh semua umat Islam. Namun untuk bisa mendapatkan syafaat tersebut, Rasulullah SAW telah mengungkapkan beberapa syarat untuk bisa mendapatkan syafaatnya.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini ada tiga syarat utama agar umat Islam bisa mendapatkan syafaat Rasulullah SAW saat hari kiamat nanti.

BACA JUGA:Ingin Mendapat Syafaat Rasulullah di Hari Kiamat, Lakukan Ini

1. Meninggal dalam Keadaan Tak Menyekutukan Allah SWT.

Syarat pertama agar umat Islam bisa mendapatkan syafaat Rasulullah SAW adalah meninggal dalam keadaan tidak menyekutukan Allah SWT.

Hal tersebut ditegaskan Rasulullah SAW dalam sabdanya,

أُشْهِدُكُمْ أَنَّ شَفَاعَتِي لِكُلِّ مَنْ مَاتَ لَا يُشْرِكُ بِاللَّهِ شَيْئًا

Artinya:

"Aku bersaksi kepada kalian bahwa syafaatku diperuntukan bagi setiap muslim yang meninggal tidak menyekutukan Allah dengan apapun". (HR Abu Dawud).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: