WASPADA! Kaget dan Patah Hati Bisa Picu Serangan Jantung

WASPADA! Kaget dan Patah Hati Bisa Picu Serangan Jantung

stres emosional yang intens sangat berhubungan dengan masalah jantung-Bengkulu Ekspress-Istimewa

BENGKULUEKSPRESS.COM  - Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Fakultas Kedokteran Universitas Johns Hopkins menyebut jika terkejut dan stres emosional bisa picu gangguan pada jantung. 

Tim peneliti melakukan studi terhadap 19 orang dimana alami putus cinta antara tahun 1999 dan 2003. Hasilnya, stres emosional yang intens sangat berhubungan dengan masalah jantung. 

BACA JUGA:Di Masa Depan, Detak Jantung Akan Gantikan Paspor ?

Para peneliti mengatakan, putus cinta, kematian orang yang dicintai, atau bahkan terkejut ketika mendapatkan pesta kejutan, semuanya bisa memicu serangan jantung.

"Penting bagi orang untuk mengetahui bahwa ini adalah sesuatu yang benar-benar dapat dilakukan oleh stres emosional," ucap Wittstein.

"Hati yang hancur bisa membunuhmu, dan ini mungkin salah satu caranya," sambungnya. 

BACA JUGA:Bau Surga Haram Bagi Golongan Ini, Siapa saja?

Sayangnya, banyak orang tidak menyadari hal tersebut. Meski prosentase kejadiannya cukup tinggi, untungnya para peneliti bisa mengungkapkan jika penderita serangan jantung akibat stres emosional biasanya hanya memerlukan pengobatan jangka pendek. Hal itu lantaran jantung biasanya bisa pulih dengan sendirinya.

Di sisi lain, peneliti menuturkan jika kelebihan hormon stres bisa menyumbat arteri dan menyebabkan otot jantung melemah.

BACA JUGA:Agar Diringankan Hisab Amal di Padang Mahsyar, jangan Lupa Amalkan Ini

Kondisi ini membuat jantung jadi kurang mampu memompa darah untuk sementara waktu. Jika dibiarkan, darah tidak bakal terpompa ke seluruh tubuh dan menyebabkan gagal jantung. (**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: