Mengenal Metode Dakwah Liqo , Ini Tujuan dan Rangkaian Kegiatannya

Mengenal Metode Dakwah Liqo , Ini Tujuan dan Rangkaian Kegiatannya

Tujuan liqo yang kedua adalah untuk mempraktikkan saling menasihati dalam kebaikan dan ketaatan-Bengkulu Ekspress-Istimewa

BENGKULUEKSPRESS.COM - Liqo adalah salah satu metode dakwah, yang dilakukan dengan cara bertemu atau berkumpul dan membahas hal-hal yang terkait dengan ilmu agama Islam. Dengan kata lain, Liqo adalah perkumpulan untuk membicarakan soal agama Islam.

Memahami apa yang dimaksud liqo sangat penting bagi setiap muslim. Apalagi, berdakwah adalah kewajiban setiap muslim. Sebagaimana Allah SWT telah berfirman,

Artinya: "Dan hendaklah di antara kamu ada segolongan orang yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh (berbuat) yang ma'ruf, dan mencegah dari yang mungkar. Dan mereka itulah orang-orang yang beruntung." (QS. Ali Imran: 104).

BACA JUGA:Begini Cara Sistem Bagi Hasil Keuntungan Bisnis Saham

Untuk melaksanakan perintah dakwah tersebut, kita bisa menyampaikan nilai-nilai kebaikan dengan berbagai macam cara, salah satunya Liqo. Liqo adalah pertemuan atau perkumpulan untuk membicarakan sesuatu. Untuk memahami apa itu liqo, berikut adalah penjelasan selengkapnya seperti yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

Pengertian Liqo

Secara etimologis, liqo adalah istilah dari bahasa Arab yang berarti  bertemu, berjumpa,pertemuan. Sementara itu secara istilah, Liqo adalah pengajian di mana orang-orang yang ikut dalam pengajian itu duduk melingkar, dalam bahasa lain disebut juga majlis taklim atau forum yang bersifat ilmiah.

Sebagaiman dipahami sebagai pengajian, materi yang biasa dibicarakan dalam liqo adalah materi-materi yang berkaitan dengan aqidah, fiqih, hadits, sirah, dan sebagainya.

BACA JUGA:Iron Dome, Sistem Pertahanan Rudal Canggih Milik Israel

Di Indonesia, Liqo adalah istilah yang sering dikaitkan dalam kajian format kelompok kecil antara 5 sampai dengan 10 orang, di mana ada satu yang bertindak sebagai narasumber atau guru.

Dari penjelasan singkat tersebut dapat disimpulkan bahwa liqo adalah pertemuan atau perkumpulan untuk membahas tentang hal-hal yang berkaitan dengan Islam, seperti fikih, Al-Qur`an, hadits, sampai fenomena terkini yang bisa dihubungkan dengan Islam.

Rangkaian Kegiatan dalam Liqo

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, liqo adalah pertemuan atau perkumpulan untuk membicarakan masalah agama atau isu-isu terkini yang terkait dengan Islam. Liqo biasanya dilaksanakan dengan susunan acara tertentu.

BACA JUGA:Penyuluh Agama Harus Paham Dakwah Era Digital

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: