Presiden Jokowi: ASEAN Sepakat Tinggalkan Dolar AS dan Lebih Pilih Pakai Mata Uang Lokal

Presiden Jokowi: ASEAN Sepakat Tinggalkan Dolar AS dan Lebih Pilih Pakai Mata Uang Lokal

Presiden Jokowi saat di konferensi pers hasil pertemuan KTT ASEAN ke 42 khususnya -(foto: istimewa)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan bahwa Pemimpin Negara ASEAN telah menyepakati penguatan Konektivitas Pembayaran Regional atau Regional Payment Connectivity (RPC). Selain itu, Pemimpin Negara ASEAN juga sepakat Transaksi Mata Uang Lokal masing-masing negara atau Local Currency Transaction (LCT).

Kesepakatan tersebut  adalah salah satu hasil pertemuan KTT ASEAN 2023 yang digelar di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), pada pada 10-11 Mei 2023

Jokowi, menjelaskan, kedua kesepakatan tersebut bertujuan membangun visi di antara pemimpin Negara ASEAN untuk mengembangkan sektor keuangan yang stabil sebagai fondasi untuk integrasi ekonomi kawasan.

“Implementasi transaksi mata uang lokal dan konektivitas pembayaran digital antar negara sepakat untuk diperkuat, ini sejalan tujuan sentral lintas ASEAN agar ASEAN semakin kuat dan semakin mandiri,” kata Jokowi dalam keterangan tertulis Bank Indonesia, Jumat (12/5/2023).

BACA JUGA:Gubernur BI, Perry Warjiyo: Indonesia Sudah Lakukan Dedolarisasi!

BACA JUGA:Daftar Negara Mulai Gencar Dedolarisasi, Indonesia Termasuk!

Konektivitas Pembayaran Regional dan Transaksi Mata Uang Lokal merupakan sarana memajukan konektivitas pembayaran regional dan mekanisme transaksi mata uang lokal masing-masing negara ASEAN.

Kedua hal itu merupakan bagian dari 3 Priority Economy Deliverables (PEDs) Pilar Ekonomi Keketuaan ASEAN 2023, yang bertujuan untuk menunjukkan komitmen dan tekad bersama para pemimpin ASEAN untuk memperdalam integrasi dan stabilitas keuangan.

Regional Payment Connectivity

Konektivitas Pembayaran Regional sebagai bagian dari upaya memperkuat integrasi ekonomi kawasan memanfaatkan peluang untuk memperluas kerja sama konektivitas pembayaran di ASEAN secara multilateral.

Kerja sama ini dapat memfasilitasi pembayaran lintas negara di berbagai yurisdiksi dan mempersingkat rantai pemrosesan, yang pada gilirannya memperbesar manfaat pembayaran lintas negara.

Saat ini kerja sama Konektivitas Pembayaran Regional  telah membuahkan implementasi pembayaran lintas negara berbasis QR Code antara Indonesia dengan Thailand dan Malaysia.

Untuk melengkapi inisiatif konektivitas pembayaran regional, dikembangkan kerangka LCT untuk memperluas mekanisme transaksi mata uang lokal masing-masing negara ASEAN secara regional.

Hal ini akan mendukung upaya ASEAN untuk memperdalam integrasi keuangan secara komprehensif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: