Pembangunan Sesuai Kebutuhan

Pembangunan Sesuai Kebutuhan

\"nampakTUBEI, BE - Sekretaris Komisi II DPRD Lebong M Gustiadi SSos meminta agar pembangunan irigasi tahun 2013 ini diprioritaskan di areal yang sulit air.

Menurut Gustiadi, pembangunan irigasi yang dilakukan sebelumnya banyak yang tidak tepat sasaran, jadi perlu diarahkan. \"Pembangunan irigasi untuk pertanian Lebong masing sangat diperlukan, namun selama ini kita melihat cukup banyak irigasi yang tidak tepat sasaran,\" kata Edi.

Ditambahkan, semestinya pemerintah haus belajar dari pengalaman, jangan proyek pembangunan dilakukan asal jadi. Sebagai contoh areal persawahan di Desa Tunggang Kecamatan Lebong Utara, karena di areal itu jika tidak ada irigasi maka kegiatan turun tanam akan terganggu.

Ditambahkan Edi, irigasi yang tidak beroperasi maksimal itu diketahui berdasarkan tinjauan ke lapangan dan aspirasi masyarakat setempat yang disampaikan kepada anggota DPRD Kabupaten Lebong.

Selain itu, ada irigasi yang tidak dialiri air dan di tempat lainnya air justru melimpah. \"Misalnya di daerah Amen, itu airnya melimpah tapi dibangun irigasi. Sementara di daerah Tunggang malah belum ada irigasi, jadi kita nilai tidak tepat sasaran dan tidak maksimal.

Tahun ini tidak boleh seperti itu, pembangunan khususnya irigasi harus merata dan setiap pembangunan irigasi harus berdasarkan kebutuhan serta dapat dimanfaatkan maksimal oleh petani dan masyarakat,\" saran Tiger.(777)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: