Munculnya Ya’juj dan Ma’juj Disebut Tanda Kiamat, Kapan Keluarnya?

Munculnya Ya’juj dan Ma’juj Disebut Tanda Kiamat, Kapan Keluarnya?

yajuj majuj--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Sebagian besar umat Islam tentunya pernah mendengar tentang sosok Ya'juj dan Ma'juj. Mereka adalah makhluk yang diceritakan akan muncul saat hari akhir atau kiamat datang. Tapi, siapa sebenarnya Ya'juj dan Ma'juj itu? Seperti apakah penampakan mereka?

Pertanyaan tersebut sering menggelayut di hati sebagian besar orang. Tidak ada satupun yang mengetahui dengan persis rupa sebenarnya dari makhluk yang disebut Ya'juj dan Ma'juj.

Kemunculan Yajuj Majuj disebut sebagai satu tanda dekatnya hari kiamat. Diketahui saat ini mereka tengah dikurung, dan kelak akan keluar dari tempatnya itu atas izin Allah SWT.

Ibnu Katsir dalam bukunya Huru Hara Hari Kiamat, mengemukakan bahwa Yajuj Majuj adalah manusia biasa selayaknya yang lain. Mereka pun dahulu berkehidupan seperti kehidupan manusia biasa di muka bumi ini, tetapi mereka senang membuat kegaduhan.

BACA JUGA:Tanda Kiamat Makin Nyata! Bencana Dukhan yang Lenyapkan Umat Manusia

Sebab itulah yang membuat mereka dikurung oleh Raja Zulkarnain di balik dinding penghalang yang dibuatnya. Mengenai ini, Allah SWT kisahkan riwayatnya dalam Surat Al-Kahfi ayat 93-99.

Lalu sampai nanti Allah SWT mengizinkan mereka keluar dari sana, kemudian mereka memerangi bangsa-bangsa sekitarnya. Sebagaimana Nabi SAW dalam riwayat Abu Hurairah, beliau bersabda:

"Sesungguhnya Yajuj Majuj setiap hari berusaha keras melubangi dinding itu, sehingga apabila mereka melihat cahaya matahari, berkatalah pemimpin mereka, 'Pulanglah, besok kalian akan (teruskan) melubangi lagi.'

Maka (esok harinya) mereka pun kembali (melubangi) dinding itu lebih giat lagi. Sehingga, manakala telah sampai saatnya Allah SWT hendak membangkitkan mereka kepada manusia, maka (terus) melubangi.

Sehingga apabila mereka melihat cahaya matahari, berkatalah pemimpin mereka, 'Pergilah, besok kalian akan (teruskan) melubangi lagi, Insya Allah,' -bisa juga kiranya dia mengucapkan kata pujian itu-

BACA JUGA:Heboh! Dabbah, Hewan Pembawa Pesan Hari Kiamat Muncul di Israel, Cek Faktanya

(Namun ketika) mereka kembali hendak (melubangi) nya, ternyata dinding itu sudah seperti keadaan semula saat mereka tinggalkan (kemarin). Tapi mereka teruskan juga pelubangan, dan (akhirnya) berhasil lah mereka keluar menyerbu orang-orang.

Lalu mereka meminum habis air (yang ada). Sementara sebagian orang ada yang bersembunyi dalam benteng-benteng mereka. Oleh karena itu Yajuj Majuj melemparkan anak-anak panah mereka ke langit. (Akhirnya) Allah SWT mengirim ulat-ulat ke tengkuk mereka. Dengan ulat-ulat itulah Allah SWT membinasakan mereka." (HR Ahmad)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: