Tanda Kiamat Makin Nyata! Bencana Dukhan yang Lenyapkan Umat Manusia

Tanda Kiamat Makin Nyata! Bencana Dukhan yang Lenyapkan Umat Manusia

tanda kiamat--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Salah satu tanda kiamat yang disebut Nabi Muhammad SAW adalah munculnya dukhan. dukhan (bahasa Arab) berarti asap, ada pula yang mengartikannya sebagai kabut.

“Kalian tidak akan pernah melihat hari kiamat sehingga kalian melihat 10 pertandanya. Yaitu munculnya Dukhon (asap), Dajjal, dabbah, terbitnya matahari dari barat, turunnya Nabi Isa bin Maryam, Yajuj Majuj, tiga musibah terbenamnya tanah yaitu di tanah Timur, di tanah barat dan di Jazirah Arab dan akhir dari pertanda kiamat tersebut adalah terdapat api yang menggiring umat manusia pada tempat di mereka bangkitkan”. (HR. Muslim).

Mengutip muslim.or.id, hadis inilah penafsir atau penjelas untuk ayat,

فَٱرۡتَقِبۡ يَوۡمَ تَأۡتِي ٱلسَّمَآءُ بِدُخَانٖ مُّبِينٖيَغۡشَى ٱلنَّاسَۖ هَٰذَا عَذَابٌ أَلِيمٞ

"Maka tunggulah pada hari ketika langit membawa kabut yang tampak jelas. yang meliputi manusia. Inilah azab yang pedih." (QS. Ad-Dukhan: 10 – 11). (Lihat penjelasannya di Tafsir Ibnu Katsir 7/245- 247, Tafsir Qurtubi 19/105-107)

BACA JUGA:5 Tanda Hari Kiamat yang Sudah Terjadi Hari Ini, Ustadz Abdul Somad Ingatkan Segera Bertobat

BACA JUGA:Tanda-tanda Kiamat Menurut Alquran, Apa Saja?

Secara bahasa dukhan bermakna asap. Lantas dukhan yang bagaimana yang menjadi salah satu tanda kiamat? Apakah asap meteor seperti kata seorang penceramah akhir zaman? Atau asap gunung meletus atau asap yang bagaimana?

Dijelaskan juga dalam ayat Al Qur'an pada surah Ad Dukhan ayat 10-11 yaitu,

فَارْتَقِبْ يَوْمَ تَأْتِى السَّمَاۤءُ بِدُخَانٍ مُّبِيْنٍ

يَغْشَى النَّاسَۗ هٰذَا عَذَابٌ اَلِيْمٌ

Artinya: "Maka, nantikanlah hari (ketika) langit mendatangkan kabut asap yang tampak jelas (yang) meliputi manusia (durhaka). Ini adalah azab yang sangat pedih."

Dikutip dari Tafsir Quran Kemenag bahwa pada ayat ini Allah SWT memerintahkan Nabi Muhammad SAW agar bersabar menanti orang-orang kafir Makkah itu ditimpa kelaparan. Pada saat yang sama, jika mereka bila memandang ke atas, mereka akan melihat di langit kabut tebal memenuhi angkasa.

BACA JUGA:Heboh! Dabbah, Hewan Pembawa Pesan Hari Kiamat Muncul di Israel, Cek Faktanya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: