Bentuk Kader DBD

Bentuk Kader DBD

\"dbd\"CURUP, BE - Untuk mengantisipasi wabah demam berdarah dengue (DBD), Dinas Kesehatan Kabupaten Rejang Lebong (RL) berencana merekrut kader pemantau DBD.   Masing-masing 5 kader di 23 kelurahan yang dinilai cukup rawan penyebaran DBD.  \"Kader ini nantinya akan bertugas memantau perkembangan jentik nyamuk, dan potensi wadah DBD di wilayah masing-masing,\" ungkap Plt Kapala Dinas Kesehatan RL Herwan Antoni, SKM kepada Bengkulu Ekspress, Rabu (13/2).

Dijelaskan Toni, panggilan akrab Plt Kadinkes tersebut, untuk dapat menjalankan tugasnya, para kader DBD di setiap kelurahan tersebut nantinya akan dibekali berbagai pelatihan sehingga benar-benar mampu mengatasi potensi wabah DBD.

\"Pencegahan ini sangat penting dilakukan, agar kita tidak lagi kecolongan informasi ada warga terjangkit DBD tidak mendapatkan penanganan yang tepat,\" tegas Toni.

Seperti diberitakan sebelumnya, terhitung Januari hingga Februari 2013 setidaknya sudah 35 orang warga positif terjangkit penyakit DBD, satu diantaranya meninggal dunia.  Sedangkan pada tahun 2012 tercatat sudah terjadi 209 warga positif terjangkit DBD. \"Puncak wabah DBD ini terjadi peningkatkan signifikan pada bulan Februari, rentangnya dari bulan Desember hingga Maret, melonjak karena cuaca,\" ujar Toni. (999)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: