Lupa dan Ragu Jumlah Rakaat Sholat, Lakukan ini

Lupa dan Ragu Jumlah Rakaat Sholat, Lakukan ini

Ilustrasi Sholat-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM- Ragu atau bahkan lupa jumlah rakaat dalam sholat merupakan masalah yang kerap dialami umat muslim saat menunaikan sholat.

Ketika ragu atau lupa akan jumlah sholat yang tengah dikerjakan, para ulama telah sepakat untuk menggantinya dengan sujud sahwi. sujud sahwi dilakukan sebelum salam dan sesudah membaca tasyahud dan sholat atas nabi.

Keharusan melakukan sujud sahwi saat lupa atau ragu atas jumlah rakaat sholat sesuai dengan hadist Rasulullah SAW:

إِذَا شَكَّ أَحَدُكُمْ فِى صَلاَتِهِ فَلَمْ يَدْرِ كَمْ صَلَّى ثَلاَثًا أَمْ أَرْبَعًا فَلْيَطْرَحِ الشَّكَّ وَلْيَبْنِ عَلَى مَا اسْتَيْقَنَ ثُمَّ يَسْجُدُ سَجْدَتَيْنِ قَبْلَ أَنْ يُسَلِّمَ فَإِنْ كَانَ صَلَّى خَمْسًا شَفَعْنَ لَهُ صَلاَتَهُ وَإِنْ كَانَ صَلَّى إِتْمَامًا لأَرْبَعٍ كَانَتَا تَرْغِيمًا لِلشَّيْطَانِ

Artinya: 

"Apabila kalian ragu dalam (jumlah bilangan rakaat) sholat, maka tinggalkan keraguan dan ambilah yang yakin. Kemudian sujudlah dua kali sebelum salam. Jika ternyata dia sholat lima rakaat, maka sujudnya telah menggenapkan sholatnya. Lalu jika ternyata sholatnya memang empat rakaat, maka sujudnya itu adalah sebagai penghinaan bagi setan". (HR Muslim)

BACA JUGA:Kunci Rahasia Kaya Raya, Syekh Ali Jaber Bagikan 3 Amalan Pembuka Pintu Rezeki

Untuk cara sujud sahwi yang dikarenakan kita lupa akan rakaat Sholat, berikut caranya yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Dilakukan Sebelum Salam

Pelaksanaan sujud sahwi sendiri dilakukan sebelum salam dan dilakukan sebanyak dua kali. Meskipun banyak kesalahan yang kita lakukan dalam sholat, namun untuk sujud sahwinya cukup dua kali.

Hal tersebut sesuai dengan hadist Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Abdullah bin Buhainah yang berbunyi

فَلَمَّا أَتَمَّ صَلَاتَهُ سَجَدَ سَجْدَتَيْنِ فَكَبَّرَ فِي كُلِّ سَجْدَةٍ وَهُوَ جَالِسٌ قَبْلَ أَنْ يُسَلِّمَ

Artinya: 

"Setelah beliau (Rasulullah SAW) menyempurnakan sholatnya, beliau sujud dua kali. Ketika itu beliau bertakbir setiap akan sujud dalam posisi duduk. Beliau lakukan sujud sahwi ini sebelum salam." (HR Bukhari dan Muslim)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: