Dana Bergulir Miliaran Rupiah

Dana Bergulir Miliaran Rupiah

\"Logo-Koperasi\"BENGKULU, BE-   Dinas Koperasi, dan UMKM Kota Bengkulu berencana akan mengucurkan anggaran dana bergulir  untuk empat koperasi. Total dana bergulir yang dikucurkan lewat Menteri koperasi besaranya tak tangung-tangung   mencapai Rp 16, 5 miliar. Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bengkulu, Drs Sudarti WS MSi melalui Kabid Koperasi, Edison menuturkan pada tahun ini, Dinkop sedang mengusulkan dana bantuan bergulir dari kementerian  koperasi melalui Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB) sekitar Rp  16,5 miliar.

Dana itu akan dikucurkan  untuk empat koperasi yang ada di kota Bengkulu. Rincianya Rp 4 miliar  untuk Koperasi Wanita Harapan Bunda, Rp 1 miliar untuk  Koperasi Multi Mitra Niaga, Rp 10 miliar  Koperasi Jaya Mandiri , dan  Rp 1,5 miliar untuk Koperasi Sinar Harapan.

Keempat koperasi itu  telah di survey oleh tim LPDB pusat,  survey itu meliputi   pembukuan anggaran, lokasi dan lain-lain, \" Jika mereka dibilang cakap, maka usulan itu akan dikucurkan lewat rekening masing-masing  koperasi, \" katanya.

Jika dibanding pada tahun sebelumnya, kucuran dana tahun ini jauh lebih besar. Selama  lima tahun terakhir yakni sejak 2008 hingga saat ini dana bergulir yang disalurkan mencapai Rp 5,2 miliar. Rincianya, tahun 2008 sebesar Rp 1,6 miliar, tahun 2009  Rp 1,1miliar, tahun 2010 Rp 500 juta,  tahun 2011 dan 2012 masing-masing Rp 1 miliar.

Keseriusan Pemkot terhadap penyaluran dana bergulir dari pemerintah pusat dan daerah sangat tinggi. Dalam  pelaksanaanya di lapangan  masyarakat tidak menganggap bahwa dana bergulir yang dikucurkan cuma-cuma untuk dibagikan. Namun harus dikembalikan sehingga bisa digulirkan kembali kepada masyarakat lainya.\"Dalam pengawasannya Dinkop  telah bekerjasama dengan pihak Kejari kota Bengkulu. Dengan begitu akan menekan macetnya dana bergulir nantinya. Selain itu penyelewengan anggaran dapat diminimalisir,\" tukasnya. (247)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: