Ingin Mendapat Syafaat pada Hari Kiamat, Lakukan 5 Amalan Ini

Ingin Mendapat Syafaat pada Hari Kiamat, Lakukan 5 Amalan Ini

tanda kiamat--

BENGKULUEKSPRESS.COM- Hari kiamat wajib dipercayai oleh setiap umat Islam, karena merupakan salah satu rukun iman yaitu rukun iman kelima percaya kepada hari akhir.

Pada hari kiamat tersebut tidak ada yang bisa menolong kecuali Allah SWT dan amal saleh serta. Hal tersebut sesuai dengan firman Allah SWT.

هٰۤاَ نْتُمْ  هٰۤؤُلَآ ءِ  جَا دَلْـتُمْ  عَنْهُمْ  فِى  الْحَيٰوةِ  الدُّنْيَا   ۗ فَمَنْ  يُّجَا دِلُ  اللّٰهَ  عَنْهُمْ  يَوْمَ  الْقِيٰمَةِ  اَمْ  مَّنْ  يَّكُوْنُ  عَلَيْهِمْ  وَكِيْلًا

(haaa antum haaa'ulaaa'i jaadaltum 'anhum fil hayaatid dunyaa famai yujaadilul laaha 'anhum Yawmal Qiyaamati am mai yakuunu 'alaihim wakiilaa).

Artinya:

“Itulah kamu! Kamu berdebat untuk (membela) mereka dalam kehidupan dunia ini, tetapi siapa yang akan menentang Allah untuk (membela) mereka pada hari Kiamat? Atau siapakah yang menjadi pelindung mereka (terhadap azab Allah)?” (QS An-Nisa’ : 109).

BACA JUGA:Ingin Mendapat Syafaat Rasulullah di Hari Kiamat, Lakukan Ini

Pada hari kiamat, manusia akan dikumpulkan di Padang Masyar kemudian matahari akan didekatkan sehingga sangat. Saat ini manusia sangat membutuhkan pertolongan atau syafaat.

Syafaat saat itu adalah kewenangan Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW mendapat keistimewaan untuk memberikan syafaat kepada umatnya. Selain mengharapkan syafaat dari Nabi Muhamaad SAW, manusia bisa mendapat syafaat dari amal yang ia lakukan saat di dunia.

Dikutip dari berbagai sumber, 5 amalan ini bisa memberikan syafaat saat hari kiamat.

1. Puasa.

Amal pertama yang bisa memberikan syafaat pada hari kiamat adalah puasa. Hal tersebut seperti yang diterangkan dalam hadist:

Nabi saw bersabda, “Surga memiliki delapan buah pintu. Di antara pintu tersebut ada yang dinamakan pintu Ar Rayyan yang hanya dimasuki oleh orang-orang yang berpuasa” (HR Bukhari).

Kemudian di hadist lain juga diungkapkan bahwa surga Ar Rayyan akan memanggil orang-orang yang berpuasa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: