Penertiban Pedagang Batal

Penertiban Pedagang Batal

BENGKULU, BE - Penertiban Pedagang di kawasan Pasar Percontohan Nasional (PPN) Panorama, batal dilakukan.  Padahal sebelumnya, Kasatpol PP Kota menegaskan pihaknya akan melakukan penertiban besar-besaran pada pagi kemarin. Namun hingga sore kemarin, penertiban itu tidak juga dilakukan.

Dengan adanya sikap tarik ulur tersebut, membuat pedagang semakin berani menantang Pemerintah Kota Bengkulu, hal ini terihat setelah mengetahui  petugas batal melakukan penertiban, siang kemarin, ratusan pedagang secara terang-terangan menjajakan barang jualannya di pinggir jalan.

\"Kami ini hanya mencari sesuap nasi untuk menghidupi keluarga kami, jika penertiban batal, maka sebuah keberuntungan bagi,\" kata salah seorang pedagang ayam potong, Haris (50).

Ia mengaku pihaknya menolak dipindahkan tersebut karena Pemkot, khususnya Dinas Perindag, Satpol PP dan Kepala UPTD terlihat plin-plan dalam melakukan penertiban tersebut. Padahal sikap plin-plan itu bisa dimanfaatkan pedagang untuk memberikan perlawanan.

\"Memang dari awal kami tidak menerima adanya penertiban itu, jika ditertibkan kami masuk kedalam, jika tidak ada petugas maka kami akan kembali ke pinggir jalan,\" sampainya.

Senada juga disampaikan pedagang lainnya, Harahap (56). Menurutnya, pedagang berani memberikan perlawanan akibat tidak ada ketegasan dari pemerintah sendiri, sehingga pedagang tidak lagi takut atau khawatir ditertibkan, bahkan pedagang telah berani memberikan perlawanan secara terang-terangan.

\"Sejak 2 hari lalu ada beberapa anggota Satpol PP yang memberikan imbauan bahwa penertiban akan dilakukan pagi ini (pagi kemarin,red), setalah kami tunggu-tunggu, ternyata penertiban itu tidak ada. Dan ini menjadi kesampatan emas bagi pedagang untuk menjajakan barang jaulan di pinggir jalan Kedondong dan Belimbing itu,\" terangnya.

Dikonfirmasi, Kasatpol PP Kota, Ali Armada SH mengaku bahwa penertiban tersebut batal dilakukan, karena masih ada pembahasan oleh Dinas Perindag.

\"Rencananya memang ditertibkan pagi tadi (kemarin pagi,red), namun karena masih ada beberapa hal yang masih dibahas oleh Disperindag dengan pengelola pasar, maka penertiban pun batal kita laksanakan,\" terangnya.

Tidak hanya itu, Ali pun kembali berjanji bahwa pihaknya akan melakukan penertiban pagi ini. \"Rencanaya besok akan kita tertibkan semuanya, dan kita pastikan tidak ada pedagang yang berada di pinggir jalan lagi,\" ujarnya dengan nada mengancam.(400)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: