Cerita Mistik Sultan HB IX, Bertemu Nyi Roro Kidul

Cerita Mistik Sultan HB IX, Bertemu Nyi Roro Kidul

Sebagai lulusan Belanda Sri Sultan Hamengkubuwono IX tetap saja tidak bisa lepas dari budaya keraton yang terkadang terselubung misteri-Bengkulu Ekspress-Istimewa

BENGKULUEKSPRESS.COM- Lahir dengan nama Gusti Raden Mas Dorodjatun, pada 12 April 1912. Sri Sultan Hamengkubuwana IX lebih banyak menghabiskan waktunya di luar Keraton Yogyakarta.

Dorodjatun sejak umur empat tahun sudah diperintahkan orang tuanya untuk tinggal terpisah dari keluarga. Dirinya tinggal bersama keluarga Mulder, orang Belanda yang menjabat sebagai Kepala Sekolah Neutrale Hollands Javaanse Jongens School dan tinggal di daerah Gondokusuman.

BACA JUGA:Ajian Waringan Sungsang , Diciptakan Sunan Kalijaga untuk Kalahkan Ilmu Santet!

Dari sinilah nama Henke muncul sebagai panggilannya, nama panggilan ini terus digunakan hingga dia bersekolah dan kuliah di Belanda. Dorodjatun juga menghabiskan waktunya sekolah di Belanda di mana dirinya masuk ke perguruan tinggi Rijksuniversiteit Leiden atau Universitas Leiden saat ini.

Tetapi walaupun telah lama mengenyam pendidikan Eropa, terutama saat di Belanda. Dorodjatun tetap saja tidak bisa lepas dari budaya keraton yang terkadang terselubung misteri.

Walaupun zaman terus berlalu, kabut mistik masih tetap meliputi saat membicarakan kejadian-kejadian di keraton. Masih banyak peristiwa yang sifatnya irasional terjadi dan kemudian hanya diterima dengan sikap percaya atau tidak.

BACA JUGA: Ajian Pancasona, Ilmu Hitam yang Bikin Pemiliknya Tak Bisa Mati!

Beberapa peristiwa mistik memang pernah dirasakan oleh Dorodjatun sebelum akhirnya dia mendapat takhta sebagai Raja Yogyakarta. Diketahui saat itu, terjadi perdebatan alot antara dirinya dengan Gubernur Belanda, Dr. Adam.

Tetapi pada suatu malam, menjelang kira-kira Pukul 18.00 WIB, di antara tidur dan bangun. Dorodjatun mendengar suara bisikan yang menyuruhnya untuk menandatangani perjanjian, pasalnya Belanda tidak lama lagi akan pergi.

Terhentak, dirinya pun saat itu langsung sadar, tetapi tidak menemukan satu orang pun di sana. Walau begitu dirinya sangat yakin bahwa wisik atau bisikan itu berasal dari salah satu nenek moyangnya sendiri.

BACA JUGA:Nyimas Utari Sandijayaningsih, Mata-mata Wanita yang Membunuh Petinggi VOC!

"Saya memang yakin dan percaya penuh terhadap wisik itu. Dan anehnya, makin lama makin begitu yakin, sehingga seterusnya menjadi sumber sikap saya dalam menghadapi Belanda, zaman Jepang, dan proklamasi kemerdekaan. Saya tak tahu mengapa demikian dan tidak dapat menerangkan secara ilmiah," ucap Sri Sultan yang diceritakan Mohammad Roem, dalam Takhta untuk Rakyat: Celah-Celah Kehidupan Sultan Hamengku Buwono IX.

Pertemuan dengan Ratu Kidul

Sosok Ratu Kidul atau yang lebih terkenal Nyi Roro Kidul tidak bisa dilepaskan dengan Kerajaan Mataram. Kuatnya keyakinan ini karena masyarakat percaya pendiri Kerajaan Mataram, yakni Panembahan Senopati, memiliki hubungan khusus dengan Nyi Roro Kidul.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: