Batu Alam Diminati

Batu Alam Diminati

\"batuBENGKULU, BE- Trend back to nature pada sektor properti seperti penggunaan batu alam saat ini sudah mulai diminati. Menurut Nono, pemilik toko batu alam Sari Indah yang terletak di Jalan Salak, dalam satu bulannya tokonya bisa menjual sekitar 250 sampai 350 meter batu alam.

\"Sekarang peminat batu alam ini sudah lumayan banyak. Boleh dikatakan sedang menjadi trend untuk mempercantik rumah,\" terang Nono.

Sedangkan untuk harganya sendiri berkisar antara Rp 120 hingga Rp 275 ribu tergantung ukuran dan jenis batunya. Untuk jenis yang dijualnya yaitu palimanan, andesit dan candi. Jenis batu yang paling banyak dicari adalah batu andesit. batu alam yang dijual itu datangkan langsung dari pabriknya di Cirebon - Jawa Barat. \"Kebanyakan pembelinya adalah masyarakat menengah keatas, Saat ini mulai laris karena saat ini sedang musim pembangunan rumah yang memakai konsep kembali ke alam,\" tambah Nono Selain untuk pemasangan dinding, depotnya Nono juga menjual ventilasi dari batu alam, koral sikat dari untuk lantai serta kaca patri.

Pembelinya bukan hanya untuk tumah pribadi namun juga untuk kantor maupun perumahan. Semakin diminatinya ornamen dari batu alam ini juga diamini Marwan seorang penjaga depot batu alam yang terletak di Jalan Sedap Malam Kota Bengkulu. \"Saat ini masyarakat sudah mulai meminati batu alam. Setiap tahunnya permintaan batu alam mengalami peningkatan,\" terang Marwan.

Menurut Marwan penjualan batu alam yang ia geluti sejak dua tahun terakhir ini terus mengalami peningkatan jika dibandingkan saat mulai membuka bisnis penjualan batu alam tersebut. Namun terkadang dalam satu bulan tidak ada yang membeli batu alam. \"Kita tidak bisa mengetahui omzet kita dalam satu bulannya, karena terkadang dalam satu bulan tidak ada yang beli,\" tambah Marwan.

Batu alam yang dijualnya didatangkan langsung dari pulau Jawa. Mengenai harganya bervariasi tergantung ujuran dan jenis batunya sendiri. Untuk ukuran 20 X 40 harganya sekitar Rp 240 ribu, untuk 15 X 30 sekitar Rp 225 dan untuk 10 X 20 Rp 150 hingga Rp165 ribu.\"Semua itu dihitung permeter. Kita juga melayani jasa pemasangan, biaya pemasangannya juga bervariasi tergantung ukuran batu itu sendiri, biaya pemasangan berkisar Rp 90 hingga Rp110 ribu,\" ujar Marwan.

Selain menjual batu alam ia juga menjual coating yang fungsinya untuk mengkilapkan batu alam. ia juga menjual batu refleksi perkepingnya ia hargai Rp 65 ribu, dan juga menjual water wall. \"Untuk water wall harga yang diberikan dilihat dari ukuran dan nego dengan pelanggan,\" jelasnya. (251)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: