10 Tanda Kiamat Menurut KH M Hasyim Asy’ari

10 Tanda Kiamat Menurut KH M Hasyim Asy’ari

KH Mohammad​ Hasyim Asy’ari-istimewa-

BENGKULUEKSPRESS.COM-Tanda-tanda kiamat selalu disampaikan para ulama agar menjadi pengingat bagi umat muslim untuk lebih mawas diri. 

Tanda-tanda kiamat juga pernah disampaikan oleh ulama besar bergelar pahlawan nasional dan merupakan pendiri sekaligus Rais Akbar atau pimpinan tertinggi pertama organisasi Nahdlatul Ulama yaitu Kiai Haji Mohammad Hasyim Asy'ari.

Seperti dikutip dari tebuireng online, KH M Hasyim Asy'ari yang memiliki julukan Hadratussyaikh yang berarti Maha Guru menyebutkan ada banyak sekali tanda-tanda dekatnya hari kiamat.

Namun dalam pembahasan kali ini, ada 10 tanda-tanda dekatnya hari kiamat yang disampaikan KH M Hasyim Asy'ari. Berikut tanda kiamat yang dimaksud

BACA JUGA:Tanda-Tanda Kiamat yang Sudah Muncul, Ini Penjelasannya

1. Tidak Tolong Menolong Dalam Urusan Agama

KH M Hasyim Asy'ari menyebutkan tanda telah dekatnya hari kiamat yang pertama adalah Tidak adanya orang yang membantu dan menolong dalam urusan agama. 

Hal tersebut sesuai dengan hadist Nabi Muhammad SAW yang artinya

“Akan datang kepada manusia suatu masa di mana orang yang sabar di antara mereka terhadap agamanya bagaikan orang yang menggenggam bara api.” (HR. At-Tirmidzi dari Anas bin Malik ra).

2. Banyak Ahli Ibadah yang Bodoh dan Fasik

Tanda kiamat sudah dekat yang kedua yang disampaikan oleh KH M Hasyim Asy'ari adalah sudah mulai banyaknya ahli ibadah yang bodoh dan ahli baca Al-Qur'an yang fasik.

Hal tersebut sesuai dengan hadist Nabi Muhammad SAW yang artinya 

“Pada akhir zaman kelak akan ada banyak ahli ibadah yang bodoh dan ahli qiroat (pembaca Al-Qur’an) yang fasik. (diriwayatkan dari Anas ra oleh Abu Nuaim dalam Hilyatul Auliyaa dan juga Al-Hakim dalam Al-Mustadrak)

BACA JUGA:Tanda-tanda Kiamat Menurut Alquran, Apa Saja?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: