Bansos PKH dan BPNT Tahap 2 Cair Mei 2023? Cek Penerimanya di sini

Bansos PKH dan BPNT Tahap 2 Cair Mei 2023? Cek Penerimanya di sini

info bansos pkh--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Penyaluran bantuan sosial (bansos) oleh Kemensos tampaknya akan segera dilakukan kembali bulan Mei 2023.

Beberapa bansos yang kembali digulirkan untuk 2023 ini adalah Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) atau Kartu Sembako. 

Seperti sebelum-sebelumnya, Kemensos menyediakan website resmi cekbansos.kemensos.go.id sebagai fasilitas untuk melakukan cek penerima bansos secara online. 

BACA JUGA:Cek Segera! Ini 8 Wilayah Pemutihan Pajak Kendaraan 2023

BACA JUGA:Cek! Ini Daftar Tarif Listrik Terbaru Berlaku Mei 2023

Masyarakat yang hendak mengakses cekbansos.kemensos.go.id hanya perlu menyiapkan kuota internet dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) sebagai rujukan data. 

Untuk diketahui, PKH dan BPNT Kartu Sembako merupakan dua bansos yang diberikan khusus kepada masyarakat dari keluarga miskin atau rentan miskin. 

Biasanya, bansos PKH dan BPNT disalurkan bersamaan kepada keluarga yang terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). 

Namun bedanya, bantuan PKH diberikan kepada keluarga dengan kategori tertentu seperti ibu hamil, anak usia dini 0-6 tahun, anak sekolah, penyandang disabilitas berat dan lansia.

Menjelang penyaluran PKH dan BPNT 2023, masyarakat dapat segera memastikan diri terdaftar di DTKS. Berikut cara cek penerima bansos secara online; 

BACA JUGA:Lebih 100 Warga Bengkulu Terjangkit HIV/AIDS, Ada Ibu dan Anak

1. Buka link cekbansos.kemensos.go.id di web browser HP. 

2. Siapkan KTP untuk mengisi data pribadi. 

3. Lengkapi satu per satu alamat domisili mencakup Provinsi, Kabupaten hingga Desa. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: