Rp 3 M Dana APBN, Untuk Benih 9000 Ha Sawah Lebong

Rp 3 M Dana APBN, Untuk Benih 9000 Ha Sawah Lebong

\"uang\"TUBEI,BE - Dinas Pertanian dan Ketahanan (Dispertan) Lebong benar-benar berusaha keras untuk mewujudkan Lebong sebagai daerah penyuplai benih unggul tingkat nasional.

Bagaimana tidak, di tahun 2013 ini Dispertan Lebong menerima bantuan kucuran dana yang mencapai lebih kurang Rp 3,03 miliar dari Dirjen Tanaman Pangan Kementrian Pertanian untuk program Bantuan Langsung Benih Unggul (BLBU).

Kepala Dispertan Lebong, Ir Rudi Panca Warman kemarin mengatakan, dari dana ini akan dilakukan beberapa kegiatan, diantaranya adalah BLBU untuk 1000 hektar padi lahan kering, 1000 hektar BLBU untuk lahan sawah, serta 7000 hektar untuk pemantapan lahan BLBU. Dengan total keseluruhan lahan untuk BLBU ini yang mencapai 9000 hektar.

\"Kita juga telah mengarahkan Kepala Pertanian Kecamatan untuk secepatnya melakukan identifikasi calon petani termasuk juga calon lahan. Dana ini juga nantinya akan digunakan untuk pembenihan, pembinaan serta panen satu kelompok,\" ungkap Rudi.

Selain itu, di tahun 2012 yang lalu pihaknya juga telah merealisasikan benih penangkaran dengan luas lahan mencapai 700 hektar di 4 kecamatan dalam Kabupaten Lebong. Jenih benih yang digunakan pada lahan tersebut adalah varietas cigelis dan imvari 13. \"Empat kecamatan ini diantaranya adalah Pinang Belapis, Lebong Selatan, Lebong Atas dan Kecamatan Pelabai,\" lanjutnya.

Khusus Provinsi Bengkulu sendiri, kebutuhan BLBU ini mencapai lebih kurang 1250 ton setiap tahun dan diperkirakan lebih kurang 350 hingga 500 hektar sudah terpenuhi oleh Kabupaten Lebong. \"Kita juga sudah dapat memenuhi kebutuhan BLBU sendiri di tahun 2012, mudah-mudahan saja di tahun ini selain dapat memenuhi kebutuhan sendiri, kita juga dapat menjadi salah satu daerah penyuplai BLBU tingkat nasional,\" pungkasnya.(777)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: