Ini Dia Adab Bertamu dan Silaturahmi Saat Lebaran

Ini Dia Adab Bertamu dan Silaturahmi Saat Lebaran

--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Hari Raya Idulfitri atau lebaran telah tiba. Momen ini adalah waktu yang tepat bagi kita untuk silaturahmi bersama keluarga, kerabat, dan saudara-saudara. Meski begitu, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat bersilaturahmi di momen lebaran, Beauties. Berikut ini 5 adab bertamu dan silaturahmi saat lebaran.

1. Izin Terlebih Dahulu

Saat berkunjung untuk silaturahmi dengan saudara ataupun kerabat, hendaknya kamu perlu meminta izin terlebih dahulu kepada tuan rumah. Sebaliknya, jangan memasuki rumah siapa pun tanpa izin. Hal ini penting dilakukan untuk memastikan apakah orang yang akan dikunjungi memiliki ketersediaan waktu untuk menerima tamu.

BACA JUGA:Bolehkan Puasa Syawal Tapi Belum Bayar Utang Puasa? Ini Penjelasan Ustadz Adi Hidayat

Terlebih, jika kamu akan melakukan silaturahmi kepada saudara di luar kota, maka kamu harus menginformasikannya dari jauh-jauh hari.

2. Hindari Bertamu saat Jam Makan

Saat bertamu, hindari mengunjungi seseorang saat waktu makan. Jika terpaksa harus bersilaturahmi pada waktu tersebut, maka alangkah baiknya makan terlebih dahulu lalu pergi berkunjung. Janganlah berbohong kepada tuan rumah saat menawarkan makanan dengan dalih bahwa kamu sudah makan sebelumnya.

BACA JUGA:Mau Rezeki Terbuka Lebar, Kata Ustadz Adi Hidayat Amalkan 20 Dzikir Rasulullah

3. Beri Salam saat Memasuki Rumah

Jika kamu mendatangi suatu rumah untuk bertamu, maka masuklah dengan mengucapkan salam. Gunakan tradisi salam yang sesuai seperti menundukkan kepala atau berjabat tangan dengan tuan rumah. Ini merupakan bentuk kamu menghormati orang lain.

4. Bawa Bingkisan Buah Tangan

Lebaran biasanya menjadi momen istimewa untuk berkunjung ke kampung halaman. Seeloknya, kamu perlu membawa bingkisan atau oleh-oleh kepada saudara maupun kerabat di rumah. Buah tangan yang dibawa ini bisa menjadi hadiah untuk membuat tuan rumah senang. Dengan begitu, tali silaturahmi antar saudara bisa menjadi lebih erat berkat momen ini.

5. Jangan Bertamu Terlalu Lama

Saat bertamu, jangan duduk atau berbicara terlalu lama yang mungkin akan mengganggu waktu dan privasi si tuan rumah. Jika waktu bersilaturahmi sudah selesai, kamu bisa segera minta izin untuk pergi. Namun, jika tuan rumah meminta, kamu bisa tetap tinggal sesuai waktu yang nyaman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: