Jangan Keburu Dibuang! Begini Cara Memanfaatkan iPhone Lawas

 Jangan Keburu Dibuang! Begini Cara Memanfaatkan iPhone Lawas

--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Perilisan smartphone terbilang sangat cepat jika dibandingkan dengan zaman dulu. Ya, saat ini, bisa dikatakan bahwa teknologi sudah menguasai berbagai macam lini kehidupan kita sehingga menuntut pembaruan HP, gawai, dan perangkat cerdas lainnya. Lewat perilisan dan pembaruan tersebut, pengguna bisa merasakan peningkatan performa, fitur, sistem operasi, serta keamanan digital yang diusungnya.

Nah, sama seperti Android, produk Apple pun juga sudah menjadi salah satu pilihan yang banyak digunakan oleh pencinta teknologi. Nyatanya, ada begitu banyak produk lawas dari Apple yang masih dipakai secara normal oleh pengguna, lho. Kalau kamu sudah punya HP baru, sebaiknya jangan buang iPhone lawasmu.

1. Masih dapat digunakan untuk komunikasi layaknya HP keluaran baru
Oke, kita batasi HP lawas di sini pada iPhone seri 6, 7, 8, X, SE, dan 11. Untuk iPhone seri 12 dan 13 masih terhitung baru dan tentunya bakal mendapatkan update iOS yang cukup lama dari Apple. Di sisi lain, iPhone yang berada di bawah seri 6 dianggap tidak layak pakai karena hampir semua aplikasi sudah tidak mendukungnya secara penuh.

BACA JUGA:iPhone 14 Kuning Resmi Dijual di Indonesia, Cek ini Daftar Harganya

Bahkan, WhatsApp hanya dapat dipakai pada iPhone yang sudah memiliki iOS 12 dan di atasnya. Kalau iPhone milikmu berada dalam jajaran seri 6 ke atas, sebetulnya itu masih cukup layak untuk dipakai berkomunikasi. Pasalnya, iPhone seri 6 telah didukung oleh iOS 12 dan bahkan masih mendapatkan update keamanan pada 2023 oleh Apple. Apalagi kalau iPhone milikmu sudah berada di seri 7, 8, X, dan 11, tentunya iOS yang lebih baru bisa dijalankan, seperti iOS 15 hingga iOS 16.

2. Digunakan untuk penyimpanan data yang aman
Well, kalau memiliki iPhone lawas dengan kapasitas penyimpanan yang cukup besar, kamu masih bisa menggunakannya sebagai media penyimpanan file penting. Selama orang lain tidak tahu kata sandi dan PIN yang terpasang di HP-mu, sepertinya sangat sulit bagi mereka untuk meretas iPhone lawas tersebut. Bahkan, sekelas FBI saja masih membutuhkan bantuan pihak ketiga untuk membobol iPhone dan akun iCloud milik terduga teroris.
Perusahaan keamanan digital Norton pernah mengungkap bahwa iOS diakui sebagai sistem operasi yang lebih aman. Hal itu tidak bisa dilepaskan dari prinsip Apple yang telah membuat iOS menjadi sistem operasi tertutup dan eksklusif. Yup, seperti yang kita tahu, Android memiliki keunikan karena sifatnya yang terbuka. Di sisi lain, iOS yang tertutup gak bakal mengizinkanmu memasang aplikasi di luar App Store.

BACA JUGA:Wow! iPhone Hadir Dengan New Colour
Kalau memiliki iPhone lawas dengan kapasitas penyimpanan yang cukup besar, kamu masih bisa menggunakannya sebagai media penyimpanan file penting. Selama orang lain tidak tahu kata sandi dan PIN yang terpasang di HP-mu, sepertinya sangat sulit bagi mereka untuk meretas iPhone lawas tersebut. Bahkan, sekelas FBI saja masih membutuhkan bantuan pihak ketiga untuk membobol iPhone dan akun iCloud milik terduga teroris.
Perusahaan keamanan digital Norton pernah mengungkap bahwa iOS diakui sebagai sistem operasi yang lebih aman. Hal itu tidak bisa dilepaskan dari prinsip Apple yang telah membuat iOS menjadi sistem operasi tertutup dan eksklusif. Yup, seperti yang kita tahu, Android memiliki keunikan karena sifatnya yang terbuka. Di sisi lain, iOS yang tertutup gak bakal mengizinkanmu memasang aplikasi di luar App Store.

3. Perangkat audio yang mumpuni
Kalau suka mendengarkan musik dan audio digital, kamu bisa menggunakan iPhone lawasmu secara memuaskan. Anggap saja iPhone lawas milikmu sebagai iPod yang dapat berjalan di atas fungsi komunikasi. Namun, pastikan dulu bahwa baterai di iPhone lawas milikmu masih dalam kondisi bagus.
Pasalnya, baterai iPhone jadul itu sering drop dan mati total. Kalau ada dana, ganti baterainya dengan produk orisinal dari Apple supaya lebih awet. Nah, dengan begitu, kamu pun bisa menyimpan file lagu, video, musik, dan apa saja untuk diputar setiap waktu. Ingin menjalankannya secara online pun juga oke banget, asalkan aplikasinya masih mendukung iOS di iPhone keluaran lama.
BACA JUGA:Desain iPhone 15 Pro Bocor, Begini Tampilannya
4. Jadikan HP kedua
Ada banyak orang yang memiliki dua nomor berbeda sebagai sarana komunikasi mereka. Nah, kalau kamu juga salah satunya, menggunakan iPhone lawas bisa dijadikan pilihan menarik. Pada iPhone keluaran lama (seri 6 sampai 11), kamu masih bisa menggunakannya secara penuh untuk dijadikan HP pendamping.
Macworld dalam lamannya menjelaskan bahwa iPhone keluaran lama sebetulnya bisa digunakan sebagai gadget pendamping selama performa baterainya mumpuni. Bahkan, produk Apple itu pun masih sanggup untuk dijadikan perangkat GPS, monitor CCTV, hingga gawai untuk memutar film anak-anak mengingat fiturnya yang aman dan bisa dikontrol oleh orangtua.

5. Fasilitas penyimpanan data online yang sayang jika tidak digunakan
Apple memberikan kapasitas 5 GB secara gratis untuk media penyimpanan online iCloud bawaan di masing-masing produk iPhone. Nah, kalau butuh ruang lebih untuk berbagai file atau data penting, kamu bisa berlangganan fitur premium yang harganya sangat terjangkau. Ya, Apple merilis iCloud 50 GB seharga Rp15 ribu per bulan, 200 GB seharga Rp45 ribu per bulan, dan 2 TB dengan biaya Rp149 ribu per bulan.
Jadi, kalau memiliki HP Android terbaru, kamu masih bisa menggunakan iPhone lawasmu untuk kepentingan penyimpanan iCloud secara online. Selain harganya terjangkau, reputasinya juga bagus karena produk Apple terkenal aman dan sulit untuk diretas. Namun, itu semua kembali ke pilihan masing-masing karena tidak semua orang mau ribet menggunakan 2 buah HP yang berbeda.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: