Ini Dia Perkiraan Modal yang Dibutuhkan untuk Buka Bisnis Cuci Mobil

Ini Dia Perkiraan Modal yang Dibutuhkan untuk Buka Bisnis Cuci Mobil

--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Bagi kamu yang ingin menjadi pelaku usaha, bisnis car wash atau cuci mobil cukup menjamur di Indonesia bisa menjadi pilihan. Usaha ini cukup menguntungkan mengingat banyaknya jumlah mobil yang dimiliki masyarakat yang tinggal di perkotaan.

Dari modelnya, jenis tempat cuci mobil terbagi menjadi dua. Pertama, tempat cuci mobil manual biasanya dikerjakan oleh sejumlah karyawan yang mencuci mobil. Kedua, model otomatis. Jenis ini menggunakan teknologi robot dan minim campur tangan karyawan.

Kedua jenis car wash tersebut jelas memiliki harga layanan yang berbeda. Umumnya untuk model manual dikenakan biaya mulai Rp 30 ribu- Rp 40 ribu per mobil. Sementara untuk model otomatis tarifnya mulai Rp50-80 ribu.

Pilihan jenis usaha ini dapat menjadi salah satu cara berinvestasi dalam jangka panjang. Tertarik memulainya? Berapa modal usaha untuk bisnis car wash? Yuk cari tahu selengkapnya. 

Modal usaha car wash dan estimasi biaya

Sebelum memulai bisnis car wash manual, ada beberapa hal yang perlu disiapkan dan dihitung sebagai modal usaha. Apa saja?

1.Kompresor sebagai alat utama mengalirkan air dan busa pencuci ke seluruh bodi mobil. Harganya mulai Rp 2,5 juta per alat.

2. Mesin steam yang berfungsi untuk memperkuat aliran air dari kompresor. Mesin ini dapat merontokkan debu dan kotoran yang melekat utamanya di bagian kolong mobil. Harganya mulai Rp 600 ribuan.

3.Sampo dan sabun mobil, dapat dibeli dengan ukuran literan agar lebih terjangkau, Biayanya sekitar Rp60 ribu per 5 liter sampo.

4. Semir ban, bisa juga dibeli dengan ukuran liter seharga mulai Rp70 ribuan.

5. Kain lap chamois dan lap microfiber, harganya sekitar Rp50 ribuan per buah.

Selain alat-alat tersebut, kamu juga perlu memperhitungkan sewa lahan minimal 10×7 meter persegi. Sebagai perkiraan, harga sewa lahan dengan luas itu sekitar Rp2 juta per bulan. Kemudian perhitungkan juga honor untuk tenaga pencuci per orang Rp1 juta per bulan.

Modal usaha bisnis car wash manual untuk memulainya jika ditotal membutuhkan dana sebesar Rp 7 jutaan. Jangan lupa masukkan biaya tak terduga Rp3 juta sehingga total dana awal yang dibutuhkan sekitar Rp10 juta.  Perkiraan modal usaha tersebut tentu dapat berubah, tergantung perkembangan harga dan kebutuhan lain di lapangan yang diperlukan sebelum memulai bisnis car wash. 

Sedangkan jika kamu berniat membuka usaha tempat cuci mobil model otomatis dengan tenaga robot, tentu harus persiapkan modal usaha lebih mahal. Setidaknya untuk alat dan instalasinya membutuhkan dana sedikitnya Rp 50 juta. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: