Kenali Ciri Rem Truk Blong untuk Hindari Kecelakaan Dalam Perjalanan Mudik

Kenali Ciri Rem Truk Blong untuk Hindari Kecelakaan Dalam Perjalanan Mudik

--

Rutinlah memeriksa bagian ruang mesin, atau pada lantai garasi untuk melihat tanda-tanda kebocoran minyak rem. 

4 . Tercium bau seperti karet terbakar

Bau sangit atau bau seperti karet terbakar saat mobil dijalankan, bisa jadi salah satu tanda ada yang tidak beres di fungsi pedal kendali. Bau seperti ini bisa terjadi akibat menggantung pedal kopling. Namun bisa juga menjadi tanda komponen rem yang panas sehingga menyebabkan bau. Solusinya, segera tepikan kendaraan dan tunggu rem menjadi dingin. Komponen rem yang panas bisa membuat sistem pengereman tidak berjalan dengan optimal.

BACA JUGA:Ini Dia Arti One Way dan Contra Flow, Saat Mudik!

5 . Lampu rem terus menyala

Jika menemukan kondisi lampu rem terus menyala meski pedal rem tidak diinjak, maka bisa menjadi salah satu tanda malfungsi rem.Meski ini juga bisa menjadi tanda masalah korsleting kelistrikan, namun sebaiknya tetap waspada. Lakukan pengecekan sederhana dengan  cara, menginjak pedal rem sebelum mobil dipakai beraktivitas. 

6 . Bunyi berdecit

Jika saat mobil dipakai dan kemudian dilakukan pengereman terdengar bunyi berdecit, ini bisa menjadi tanda malfungsi rem juga. Namun jangan panik, segera menepi dan panggilah jasa servis dari bengkel resmi untuk memeriksa lebih lanjut. Jika mobil berjalan cukup kencang dan posisi jalan menurun, segera cari lahan khusus jalur darurat bagi kendaraan yang alami rem blong.

Jalur darurat rem blong

Apa itu jalur darurat rem blong? Jalur tersebut biasanya berupa gundukan tanah atau jalan menanjak di sisi kiri jalan. 

Jalur ini dibangun dengan dasar batu kerikil atau pasir yang telah terbukti mampu meredam laju kendaraan. Ciri lain adalah dibuat banyak polisi tidur atau gundukan-gundukan tanah di sepanjang jalur tersebut.  Menurut data, jalur penyelamat darurat ini memiliki ketinggian sampai enam meter, dengan lebar jalan tiga meter dan panjang jalur hingga 20 meter.

BACA JUGA:Catat! Jadwal Operasional Bank Selama Lebaran 2023

Jika menghadapi kondisi rem blong, pengemudi harus tetap tenang. Usahakan untuk mengurangi laju kendaraan dengan lakukan engine brake alias menggunakan pengereman sambil mengoper transmisi ke posisi rendah. Kemudian, perlahan arahkan kendaraan untuk masuk ke jalur rem blong. Jalur darurat ini biasanya banyak ditemukan di jalur-jalur dengan medan mendaki dan menurun. 

Nah, sebelum menjalankan kendaraan, sebaiknya pengemudi rutin melakukan langkah-langkah perawatan sistem pengereman di bawah ini.

Merawat rem truk

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: