Ini Dia Terapi Senam Bagi Penderita Asam Urat

Ini Dia Terapi Senam Bagi Penderita Asam Urat

--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Penyakit Asam urat bisa menyerang siapa saja. Baik tua, muda, laki-laki, maupun perempuan. Terkadang gejalanya pun sering disepelekan karena, gejalanya menyerupai badan pegal setelah seharian beraktivitas.

Penyakit asam urat merupakan akibat dari konsumsi zat purin secara berlebihan. Makanan yang mengandung zat purin tinggi antara lain makanan laut, daging binatang berkaki empat, serta makanan kaya protein dan lemak. Penyebab asam urat karena tumpukan zat purin di dalam tubuh dan ginjal tidak mampu mengeluarkannya di dalam tubuh. Sebaliknya, asam urat normal akan dikeluarkan oleh ginjal. 

Penyakit ini dapat terjadi pada siapa saja. Terutama mereka yang tidak menerapkan asupan gizi seimbang, kondisi medis, genetik, dan usia. Gejala awal asam urat yang muncul biasanya nyeri pada persendian. Seperti di lutut, pergelangan kaki, jari-jari kaki, atau jari-jari tangan. Tak sedikit yang menyepelekan gejala tersebut. Apalagi bagi mereka yang lelah beraktivitas fisik seharian.

BACA JUGA:Jangan Dibuang! Ini Dia Manfaat Kulit Jeruk Yang Perlu Kamu Tau

BACA JUGA:Ini Dia Dampak Negatif BBM yang Kamu Pakai Tiap Hari

Namun jika menerapkan gaya hidup sehat, Anda tak perlu khawatir soal nyeri. Anda perlu waspada ketika nyeri datang setelah mengonsumsi golongan makanan di atas, minuman tinggi gula, atau minuman beralkohol. Bisa jadi, tubuh Anda memiliki kadar asam urat tinggi. Untuk pengobatan asam urat tidak melulu pada pemberian obat, ada cara lain yang bisa dilakukan untuk terapi pengobatan asam urat. Berikut beberapa gerakan yang direkomendasikan. 

1.Melakukan standing atau peregangan hamstring

Saat melakukan standing, otot-otot hamstring akan mulai bekerjasama untuk menekuk dan melenturkan bagian sendi pada lutut agar dapat memperpanjang pada bagian sendi punggung. Sehingga dengan melakukan gerakan peregangan hamstring akan membantu untuk menguatkan otot dan secara perlahan akan meringankan masalah pada persendian yang terkena asam urat. 

2. Melakukan gerakan ankle band distraction

Asam urat paling sering terjadi pada bagian kaki, salah satunya adalah bagian pergelangannya. Untuk itu disarankan melakukan gerakan ankle band. Gerakan ini bermanfaat untuk melemaskan persendian yang terasa sangat kaku. Gerakan ini juga dinilai mampu meningkatkan rentang gerak dan memberikan nutrisi pada bagian tulang rawan. 

3. Melakukan gerakan leg lift

Dengan melakukan gerakan leg lift, dapat membantu meningkatkan stabilitas pada bagian sendi lutut karena akan menguatkan otot-otot pada sekitar paha sampai lutut. Gerakan ini akan mengurangi rasa nyeri bada penderita asam urat yang mengalami masalah dibagian sendi lututnya. Asalkan dilakukan secara rutin, maka rasa sakit secara perlahan akan berkurang. 

4. Melakukan squats partial

Squat adalah salah satu cara terbaik untuk melatih persendian khususnya pada bagian lutut. Biasanya gerakan ini dijadikan salah satu rehabilitas atau latihan untuk menyehatkan kondisi lutut dan sendinya. Dengan melakukan squats parsial, akan dapat membantu seluruh otot pada bagian kaki dan juga dapat meningkatkan pada koordinasi dan keseimbangan kaki.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: