Begini Cara Mengetahui Kondisi Kesehatanmu dari Warna Lidah-mu!

Begini Cara Mengetahui Kondisi Kesehatanmu dari Warna Lidah-mu!

--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Tubuh manusia tercipta dengan cara dan hasil yang luar biasa, konstruksi ajaib yang tidak ada mampu menyamainya, termasuk pada bagian-bagian yang kecil. Salah satunya adalah adanya mekanisme sinyal pada organ tubuh tertentu yang memiliki katan erat pada organ yang lainnya, kesehatan misalnya.

Maksudnya, pada organ tubuh tertentu akan menjadi tanda yang dijadikan alat pendeteksian dini dari gejala penyakit yang diderita. Ini penting, bagi seseorang untuk lebih peka tentang perubahan tubuh diri sendiri, agar kalau ada gejala penyakit tertentu menyerang, seseorang bisa segera tertangani sebelum terlambat.

Dan, lidah adalah salah satu organ tubuh penting yang umumnya kita ketahui berfungsi sebagai indera pengecap. Tapi jangan salah, dilansir dari Reader’s Digest ternyata selain sebagai indera pengecap, ternyata lidah juga bisa menjadi sarana pendeteksi penyakit pada tubuh manusia.

Jika kondisi lidah yang normal dan sehat adalah pink muda, berikut Selaras akan merangkum warna dan kondisi lidah lainnya yang mengindikasikan tubuh sedang terserang suatu penyakit. 

BACA JUGA:Ini Dia Terapi Senam Bagi Penderita Asam Urat

BACA JUGA:Stress Berpengaruh Terhadap Terjadinya Mimpi Buruk Saat Tidur

Lidah berwarna putih 

Jika lidah berwarna putih, hal itu bisa menandakan seseorang sedang menderita infeksi ragi atau yeast infection, apalagi kalau lapisan putih tebalnya meliputi lidah. Wajib langsung konsultasi ke dokter. Namun bisa juga warna putih pada lidah menunjukan gejala flu atau masalah pencernaan. Namun, jika warna putihnya tipis-tipis, biasanya orang tersebut sedang mengalami kurang darah. Kondisi lidah berwarna putih adalah salah satu gangguan paling umum terjadi.

Lidah berwarna kuning 

Jika lidah cenderung berwarna kuning (bukan kuning setelah mengkonsumsi vitamin C), bisa jadi tubuhnya sedang mengalami infeksi bakteri. Jika warnanya kuning kehijauan, bisa jadi itu akibat infeksi bakteri yang cukup tinggi. Warna kuning pada lidah juga bisa disebabkan karena panas tubuh berlebih, konsumsi rokok, makanan pedas, alkohol atau adanya stress. Jadi tidak selalu murni berwarna kuning, kadang kombinasi dengan warna lain seperti hijau.

Lidah berwarna merah 

Kalau lidah cenderung merah, hal ini bisa menandakan adanya aktivitas demam panas berlebih pada tubuh. Jika warna merah hanya pada ujung lidah, bisa menandakan panas pada jantung sedangkan jika warna merah berada di ujung kanan atau kiri lidah, bisa jadi hal itu disebabkan adanya masalah di ginjal dan kantung empedu.

Lidah berwarna biru

Jika lidah mengalami perubahan warna dari pink cerah ke warna biru, bisa jadi itu disebabkan kondisi adanya darah yang dingin atau statis, tidak bergerak. Jika warna biru menjurus ke keunguan, berarti kondisi darah sudah cukup parah disebabkan peredaran darah yang nggak lancar. Hal ini bisa menandakan kondisi ginjal, jantung atau paru-paru yang tidak baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: