Kenali dan Waspada Kecanduan Game Online Pada Anak!

Kenali dan Waspada Kecanduan Game Online Pada Anak!

--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Gadget? Media Sosial ? Instagram? Twitter? Facebook?. Ya, kata-kata tersebut tentunya sudah tidak asing lagi di telinga dan mata masyarakat dari usia dini hingga dewasa. Fasilitas internet yang mudah untuk dikonsumsi kita sewaktu-waktu  dirasa sangat mudah pula untuk menembus batas berbagai aspek kehidupan, dari aspek terkecil hingga terbesar.

Kaum dewasa seperti orang tuapun dengan tanpa disadari mampu menghipnotis para anaknya untuk berperan di dunia maya. Jelas sangat berbeda dengan pola asuh ataupun pendekatan yang diberikan orang tua pada anak di  masa dua dekade sebelumnya bukan? 

Menurut psikolog Dra. Nani Kartikaningsih, ketika orang tua fokus dengan pekerjaannya tidak sulit bagi mereka untuk memberikan fasilitas gadget kepada si anak agar dapat memperbaiki situasi yang ada. Pemberian game di gadget pun juga menjadi sarana edukasi anak yang dapat dengan mudah diakses oleh orangtua untuk metode belajar si anak.

Hal tersebut berdampak baik bagi si anak jika dapat dilakukan secara bijak, jika pada akhirnya anak tidak diberikan pengawasan yang baik maka akan muncul berbagai dampak negatifnya pula. 

BACA JUGA:Gamers Wajib Tau! Ini Dia Tips Main Game di Komputer Agar Tidak Ngelag

BACA JUGA:Download Game Berandal Sekolah, Rasakan Keseruannya

Game adalah salah satu cara yang asik untuk para gamers seperti anak-anak, remaja hingga dewasa dalam mengisi waktu luang atau saat merasa bosan, bahkan sebagai media mereka untuk meredakan stresnya. 

Game yang laku di pasaran  saat ini adalah game online yang mana permainannya menggunakan bantuan internet. Games tersebut seperti game menyusun bentuk/ruang, games olahraga dan strategi, games aksi (permainan kecepatan bereaksi, menembak dan menyerang), games perkelahian dan games petualangan. 

Tentu games tersebut dapat dimainkan kapanpun dan terus menerus apalagi dengan berkembangnya teknologi game online dapat membuahkan keuntungan (uang) dengan cara menukarkan poin menang dalam permainan menjadi mata uang rupiah, ditambah lagi dengan pemain yang dapat menjual karakter pemainnya kepada orang lain dengan nilai jual yang cukup tinggi.

BACA JUGA:Mainkan Mager Game Penghasil Uang 2023, Dapatkan Saldo DANA Gratis Rp 100 Ribu

BACA JUGA:Mainkan Aplikasi Game ini Langsung Dapat Saldo DANA Gratis Rp 1.4 Juta

Bagaimana tidak tergiur bisa melakukan hobi dengan mendatangkan uang? Tentu dong banyak yang akhirnya menjatuhkan pilihannya untuk bermain game online dan tidak heran lagi bahwa menurut data Newzo  Indonesia menjadi 20 negara terbesar dengan tingkat konsumsi game online dari seluruh negara. 

Jika dilihat dari jumlah pengguna game online menurut Kominfo, Indonesia memiliki jumlah pengguna game online sebesar 44,10 %  gamers dari pengguna internet lainnya. 

Hal demikian adalah baik karena aktivitas tersebut bukanlah suatu aktivitas yang tercela. Ada beberapa dampak positif dari game online addict yaitu munculnya keterampilan secara teknis maupun motorik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: