Begini Tips untuk Melaksanakan Senam Bayi

Begini Tips untuk Melaksanakan Senam Bayi

--

BENGKULEKSPRESS.COM - Senam Bayi (Baby gym) adalah gerakan seman bayi sehat yang bertujuan untuk relaksasi dan stimulasi bayi.

Aktivitas ini bisa dilakukan setalah bayi lahir hingga usia Balita. Fungsi dan tujuan baby gym ini banyak, diantaranya; untuk menguatkan otot-otot persendiran, meningkatkan koordinasi dan keseimbangan, meningkatkan fleksibilitas atau kelenturan tubuh, meningkatkan kemampuan dan keterampian fungsi anggota gerak tubuh, memperlancar peredaran darah dan menguatkan jantung, meningkatkan ketahanan tubuh, meningkatkan kewaspadaan, dan memperkuat interaksi antara orangtua dan bayi.

Seperti apa teknik baby gym? Berikut beberapa teknik-teknik yang bisa dilakukan seperti yang pandu oleh klinik Elmo Mom & Baby Spa.

1. Resting hand

Meletakkan kedua angan di atas perut (menyilang) pelan dan lembut, membuat bayi merasa nyaman dan tenang. Sentuhan yang diberikan tanpa tekanan, dengan posisi bayi sambil merebahkan diri di lantai atau matras. Bagi ibu bisa meningkatkan bounding (interaksi antara ibu dan bayi secara nyata-red) dengan mengucapkan kata-kata stimulasi yang lembut. Misalnya, “kita gym dulu ya ade, bareng sama bunda, biar ade tumbuh sehat, kuat, dan cerdas. Bunda sayang ade”.

BACA JUGA:Awal Mula Behel atau Kawat Gigi Diciptakan 

Stimulasi kata-kata yang diberikan dengan intonasi yang lembut. Tujuannya untuk menguatkan rasa kasih sayang antara ibu kepada bayi.

2. Silang tangan

Posisikan bayi dengan duduk, silangkan kedua tangan bayi ke depan dada secara bergantian, dari posisi tangan kanan di atas kiri di bawah, begitu sebaliknya. Kemudian luruskan kembali tangan bayi ke samping badan. Gerakannya membentuk tangan sedekap. Lakukan gerakan ini sebanyak 8x2, yakni tangan kanan di atas tangan kiri gerakan menyilang dengan hitungan 8 kali, dan lakukan pergantian sebanyak 2 kali. Fungsinya untuk memperkuat otot lengan serta relaksasi

3. Silang tangan dan kaki

Gerakannya adalah kaki kanan dipertemukan dengan ujung tangan kiri di atas atau di depan badan si kecil sehingga terbentuk garis diagonal, tarik kembali kaki kanan dan tangan kiri bayi keposisi semua. Kemudian bergantian sisi satunya. Jangan terlalu memaksakan ujung kaki dan tangan bertemu, cukup semampunya saja. Seperti gerakan tangan menyilang, gerakan kaki menyilang yakni dengan menggerakkan kaki menyilang bergantian. Lakukan 8X2.

BACA JUGA:Ini Dia Terapi Senam Bagi Penderita Asam Urat

Fungsinya adalah untuk menguatkan otot kaki dan tangan, bisa stimulasi kecerdasan anak karena bagian dari senam otak, serta relaksasi. 

4. Kaki tekuk

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: