Berapa Sih Harga Helm Pembalap MotoGP? Wow...!!! Ternyata Bisa Setara Dengan Mobil Baru

Berapa Sih Harga Helm Pembalap MotoGP? Wow...!!! Ternyata Bisa Setara Dengan Mobil Baru

Ilustrasi Helm yang digunakan oleh pembalap Honda, Marc Marquez-(istimewa)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Helm pembalap MotoGP memiliki banderol sangat mahal. Hal ini dikarenakan fungsinya sangat vital dan salah satunya adalah melindungi kepala rider.

MotoGP sendiri dikenal sebagai ajang balap motor paling kencang di dunia. Menggunakan kuda besi prototipe, motor yang berlaga di MotoGP mampu menembus kecepatan hingga lebih dari 300 km/jam.

Oleh karena itu dibutuhkan perlindungan maksimal untuk para pembalap. Tidak sedikit insiden kecelakaan fatal juga mengerikan terjadi di kejuaraan balap motor tersebut.

Namun berkat perlindungan maksimal dari berbagai perlengkapan dan salah satunya helm. Para pembalap merasa aman menjalani profesinya tersebut.

BACA JUGA:Sederet Motor Pabrikan Ternama yang Dianggap Produk Gagal di Indonesia, Berikut Daftarnya

BACA JUGA:Yamaha Aerox, Matic Sasaran Modifikator yang Hasilnya Selalu Keren

Salah satu contoh kecelakaan fatal yang pernah terjadi adalah ketika Marc Marquez kehilangan traksi ban belakang motornya di Aragon, Spanyol. Kejadian tersebut membuat Fabio Quartararo dan berada di belakangnya menabrak motor Marquez.

Quartararo terjatuh dan sempat berguling-guling di aspal sirkuit Aragon. Visor helm yang Ia gunakan sampai copot namun sang pembalap tidak mengalami luka serius pada kepalanya.

Lalu kecelakaan yang lebih mengerikan adalah ketika Takaaki Nakagami dengan kencang menabrak Francesco Bagnaia. Meskipun terhantam cukup keras, namun sang pembalap tidak mengalami luka serius pada kepalanya.

“Pagi ini saya melihat helm dan ini benar-benar buruk. Saya sangat, sangat beruntung masih hidup karena mereka (helm Arai) menyelamatkan hidup saya,” ujar Taka usai kecelakaan kala itu.

Helm untuk para pembalap MotoGP dirancang secara khusus untuk menahan benturan keras. Inti polystyrene EPS, polystyrene sinter dari helm memiliki fungsi sebagai bantalan.

Hal tersebut diklaim mampu menjamin penyerapan energi benturan yang sempurna. Pada akhirnya kepala para pembalap akan terlindungi secara maksimal.

Seluruh pembalap MotoGP menggunakan helm full face terbuat dari bahan serat karbon. Material tersebut diyakini memiliki kemampuan terbaik dalam memberikan perlindungan juga ringan bobotnya.

Selain itu, setiap helm disesuaikan dengan kebutuhan para pembalap. Hal ini guna mendapatkan kenyamanan terbaik selama balapan berlangsung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: