Tips Jitu Mengelola Perkebunan Sawit Agar Lebih Menghasilkan!

Tips Jitu Mengelola Perkebunan Sawit Agar Lebih Menghasilkan!

--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Kelapa sawit, jika dikelola dengan benar, bisa mendatangkan manfaat dan cuan yang baik. Pada dasarnya, nenanam tumbuhan ini perlu memperhatikan aspek lingkungan sekitar. Untuk menghasilkan tandan buah segar (TBS) yang berkualitas baik, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mengelola perkebunan sawit. Apa sajakah itu? Langsung saja simak di bawah ini.

1. Pakailah bibit unggul

Bibit sawit unggul umumnya memiliki ciri-ciri berikut ini:

Kecambah berasal dari produsen yang telah memiliki izin dari Departemen Pertanian. Penangkarnya pun telah memiliki izin dan diawasi oleh Dinas Perkebunan Propinsi—dilihat dari diberikannya sertifikat.

Usia tanamannya adalah antara 9-14 bulan tanpa memangkas pelepah/daun sehingga menghindarkan tanaman dari stres. Setelah ditanam, sebaiknya dibiarkan sejenak dengan tidak langsung diberikan pupuk—terutama jika cuaca saat itu sedang hujan. Di bulan berikutnya, barulah pupuk boleh diberikan.

BACA JUGA:Amalan Spesial Agar Dapat Malam Lailatul Qadar Kata Ustadz Adi Hidayat

BACA JUGA:Rumus Rezeki Terus Bertambah Sesuai Alquran Kata Ustadz Adi Hidayat

2.Memperhatikan kondisi tanah

Ada anggapan yang mengatakan bahwa tanaman ini termasuk “tanaman bandel”. Artinya, ia bisa hidup di berbagai kondisi tanah meskipun hasil akhirnya tidak bagus. Tapi, siapa yang mau kebunnya menghasilkan yang tidak bagus? Karena itu, kondisi tanah perkebunan juga perlu diperhatikan. Umumnya, lahan untuk perkebunan sawit dibagi menjadi 2 klasifikasi, yaitu tanah gambut dan tanah mineral.

 

Tanah mineral umumnya berada di daerah perbukitan/pegunungan. Jika ingin menanam sawit di daerah seperti ini, sebaiknya dibuatkan teras agar pupuk tidak hanyut ketika hujan sekaligus memudahkan pemanenan. Tanah gambut umumnya cukup lunak sehingga membuat air cenderung tergenang saat musim hujan. Oleh karena itu, sebaiknya dibuat jalur air untuk mencegahnya.

Kondisi Tanah untuk Kelapa Sawit

1. Mendapatkan sinar matahari yang cukup

Bukan tanpa alasan mengapa perkebunan sawit banyak didirikan di daerah-daerah dekat khatulistiwa. Tanaman sawit memerlukan sinar matahari yang cukup untuk memengaruhi tumbuh-kembang pohonnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: