Zulkifli Lubis, Tokoh Intelijen Indonesia

 Zulkifli Lubis, Tokoh Intelijen Indonesia

--

BENGKULUEKSPRESS. COM- Kamu penggemar film actioon spionase dengan tokoh James Bond? Sudah puluhan film dirilis menceritakan kepahlawanan aksi mata-mata yang terkenal flamboyan tersebut. Namun tahukah kamu, jika sebelum ada tokoh fiksi James Bond tersebut, Indonesia juga juga punya tokoh intelijen yang sangat disegani.  Di masa penjajahan, Indonesia memiliki seorang tokoh yang memiliki tugas selayaknya James Bond, yakni Zulkifli Lubis.

Namanya mungkin terdengar asing bagi sebagian masyarakat Indonesia kini, namun tidak di kalangan agen khusus. Hal ini berawal saat pemerintah Indonesia mendirikan BIN sebagai badan intelijen untuk pertama kalinya pasca Proklamasi 1945. Saat itu, badan tersebut bernama Badan Istimewa (BI).

Kolonel Zulkifli Lubis didaulat menjadi pemimpin lembaga ini. Dia merupakan lulusan sekaligus komandan intelijen yang pertama.

Apalagi sejak muda bertugas menjadi agen rahasia dan menjadi spymaster atau tokoh intelijen paling hebat di Indonesia. Jika dilihat dari wajahnya memng tak menampakkan tanda seorang agen rahasia, namun ia memiliki sepak terjang yang luar biasa di lapangan.

BACA JUGA:Pendaftaran Akpol, Bintara dan Tamtama 2023 Diperpanjang Hingga 17 April

BACA JUGA:Tabel Angsuran KUR BRI 2023 Rp 25 Juta Cicilan 700 Ribuan, Siapkan KTP dan KK

Perjalanannya di dunia intelijen bermula saat menempuh pendidikan AMS-B di Yogyakarta. Kala itu, ia hanya menyelesaikan pendidikan hingga kelas dua, sebab sebelum pendidikannya usai Jepang keburu menduduki Indonesia.

Tentara Dai Nippon saat itu menutup segala bentuk pendidikan yang diikuti oleh warga pribumi. Alhasil, Zulkifli pun masuk Seinen Kurenso (tempat latihan pemuda) setelah diajak teman sekolahnya, Pawoko.

Dua bulan menjalani latihan semimiliter dan indoktrinasi. Ia pun teringat nasihat kedua orang tuannya saat hendak ke Yogyakarta.

Sang Ayah selaku Pamongpraja berpesan “Met de hoed in de hand, komt je in de gang in de wereld” (dengan menghargai orang lain, dunia akan menerimamu). Pesan itu selalu diingatnya hingga menjadi intelijen hebat.

Setelah selesai penididikan Seinen Kurenso, Zulkifli bergabung dengan Seinen Dojo pada 1943.

Selama 6 bulan, di usianya yang saat itu 19 tahun, ia mengikuti pendidikan yang keras dan tanpa ampun oleh Letnan Yanagawa dan Letnan Marusaki, perwira Beppan (Dinas Intelijen Khusus Tentara ke-16 Angkatan Darat Jepang)

BACA JUGA:Tempat Terbaik Sholat Idul Fitri Sesuai Rasulullah Menurut Ustadz Adi Hidayat

Zulkifli diajari terkait teknik-teknik dasar militer, latihan fisik seperti senam, renang, sumo dan kendo. Ilmu pengetahuan seperti bahasa Jepang, sejarah kolonialisme Belanda, dan peristiwa-peristiwa dunia juga diperolehnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: