Asyik! Ada 4 BLT Cair Bulan April 2023, Cek KTP Penerima di sini

Asyik! Ada 4 BLT Cair Bulan April 2023, Cek KTP Penerima di sini

info bansos cair--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Selama bulan April 2023 ini informasnya akan ada 4 bantuan langsung tunai (BLT) yang akan cair, termasuk termasuk BPNT.

Pemerintah tetap melanjutkan program BLT 2023 (Bantuan Langsung Tunai) yang disalurkan secara bersamaan pada April 2023 ini.

Kabar baiknya, bansos bulan April 2023 sudah cair. Secara reguler, ada PKH, BLT dana desa, dan BPNT. Tidak ada BLT BBM, Kemensos kini menggantinya dengan BLT minyak goreng.

Dalam penyalurannya, pemerintah telah mengganti aturan BLT 2023 yang tidak berdasarkan akibat pandemi Covid-19 lagi, melainkan kini bertujuan untuk percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem di Indonesia.

Oleh karena itu, para penerima bansos bulan April 2023 bisa memperoleh BLT cair bulan ini. Berbeda dari penyaluran BLT 2022 yang ditetapkan satu NIK KTP penerima untuk satu BLT.

BACA JUGA:Bansos PKH dan BPNT 2023 Tahap 1 Belum Cair? Ini Cara Melaporkannya

Namun, penyeleksian penerima BLT 2023 semakin diketatkan. Pasalnya, bansos Kemensos hanya ditujukan bagi masyarakat yang masuk kategori miskin ekstrem. Bukan keluarga miskin atau tidak mampu.

Kategori penerima BLT atau bansos 2023 antara lain KK dengan KTP kepala keluarga kehilangan mata pencaharian; KK dengan KTP anggota keluarga rentan sakit menahun atau kronis; KK dengan KTP anggota rumah tangga tunggal lansia ataupun difabel.

 

Cek bansos KTP lewat HP lihat penerima PKH (Program Keluarga Harapan) dan BPNT (Bantuan Pangan non Tunai).

BACA JUGA:3 Skema Pencairan Bansos PKH dan BPNT 2023, Jika Tidak Cair Mungkin Ini Penyebabnya

Berikut cara cek penerima bansos secara online; 

  1. Buka link cekbansos.kemensos.go.id di web browser HP. 
  2. Siapkan KTP untuk mengisi data pribadi. 
  3. Lengkapi satu per satu alamat domisili mencakup Provinsi, Kabupaten hingga Desa. 
  4. Tulis nama lengkap di kolom Nama PM.  
  5. Masukkan kode huruf yang sesuai dengan gambar. 
  6. Pilih 'Cari Data'. 

BACA JUGA:Catat! Bansos Telur dan Ayam Meluncur April 2023, Tanggalnya ini

Selanjutnya bila sistem menunjukkan keterangan berupa Nama Penerima, Umur dan deretan jenis bansos, itu artinya Anda sudah terdaftar sebagai penerima salah satu bantuan, PKH atau BPNT 2023. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: