Nggak Bisa Bersepeda Tapi Ingin Bisa Mengendarai Motor, Begini Cara Belajarnya!!!

Nggak Bisa Bersepeda Tapi Ingin Bisa Mengendarai Motor, Begini Cara Belajarnya!!!

Ilustrasi orang yang sedang belajar mengendarai motor-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

Kemudian pegang stang dengan kedua tangan dan belajar duduk di atas sepeda motor dengan kaki satu menginjak step dan kaki lainnya menapaki tanah. 

Lakukan hal tersebut berulang-ulang secara bergantian antara kaki kanan dan kiri sampai kamu bisa mendapatkan keseimbangan.

Apabila  kamu bisa menahan bobot body motor hanya dengan mendudukinya dengan kaki satu berada di step dan yang lainnya menapaki tanah tanpa perlu memegang stang, kamu sudah bisa dianggap bisa mengontrol motor dengan seimbang.

3. Kontrol Motor dengan Mendorongnya

Jika dirasa sudah bisa menyeimbangi badan motor, langkah selanjutnya adalah mengontrol stang motor dengan cara membelokkannya ke kanan dan ke kiri.

Pada tahap ini, Hindari meletakkan tangan pada ujung stang karena genggamanmu mudah terlepas jika bertemu guncangan atau serangan panik.

Selanjutnya dorong motor sambil belokkan stang pada posisi duduk. Lakukan ini secara berulang sampai kamu benar-benar nyaman untuk mengontrolnya.

4. Kontrol Motor dengan Cara Stop & Go

Jika sudah percaya diri, saatnya kamu mencoba mengendarai motor dengan membuka gas secara perlahan dengan metode stop & go.

Metode stop & go ini dilakukan dengan cara membuka gas hingga motor melaju secara perlahan dan mengeremnya juga secara perlahan.

Lakukan hal tersebut berulang kali hingga jarak tempuh yang kamu capai lebih jauh dibanding percobaan sebelumnya.

Tips agar tahap ini berhasil adalah dengan melakukan tiga langkah baby step. Langkah pertama membuka gas dengan kedua kaki menapak tanah.

Langkah kedua membuka gas dengan satu kaki menapak step, dan langkah ketiga baru menaikkan kedua kaki di atas step.

Langkah keempat adalah dengan menekan gas sambil membelokkan stang motor secara perlahan. Kamu bisa memulainya dengan menurunkan kedua kaki.

5. Rasakan Bukaan Gas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: