Begini Cara Benar Memompa ASI-mu Agar hasilnya Melimpah!

Begini Cara Benar Memompa ASI-mu Agar hasilnya Melimpah!

--

4. Mulai Memerah ASI

Letakkan ibu jari  di atas puting susu sedangkan ke empat jari yang lain berada di bawah payudara hingga berbentuk huruf C. Tekan secara perlahan dengan berulang hingga ASI keluar. Jangan kecewa dulu ibu saat ASI yang keluar hanya satu atau dua tetes karena secara perlahan produksi ASI yang keluar akan lebih banyak. Namun pastikan bahwa ibu tidak menggeser posisi jari. Perlu diketahui ibu, memeras puting secara langsung tidak hanya membuat kamu kesakitan, tapi ASI juga tidak dapat keluar. 

5. Siapkan Wadah yang Higienis 

Saat memerah ASI dengan tangan, menyiapkan wadah higienis juga sangat penting. Ibu bisa mempersiapkan gelas atau mangkok untuk menampung ASI sebelum di pindahkan ke dalam botol atau wadah khsusus ASI. Namun pastikan bahwa wadah yang ibu persiapkan itu harus bersih dan higienis agar ASI tidak terkontaminasi dengan kuman maupun bakteri, salah satunya adalah mencuci serta mensterilkan wadah dengan benar. 

Ibu tak perlu khawatir karena bisa memastikan wadah penampung ASI maupun peralatan makan lainnya di rumah terbebas dari kuman dan bakteri dengan menggunakan Dish Dryer. Dengan pemanasan yang hingga mencapai 70 derajat celcius dipastikan dapat melumpuhkan bakteri dan jamur yang kerap menempel di peralatan makan.

Ibu bisa memasukan wadah penampung ASI ke dalam Dish Dryer baik wadah yang berbahan melamin, kaca atau gelas, plastik keras, metal atau logam sebelum mulai memerah ASI. Ibu hanya perlu memerlukan waktu selama 20 menit hingga pengeringan selesai dan semua peralatan makanmu terbebas dari bakteri dan kuman. Selamat mencoba ya. (**)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: