Ini Dia Tips Konsep Rumah Ramah Untuk Lansia!

Ini Dia Tips Konsep Rumah Ramah Untuk Lansia!

--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Bersyukurlah jika Anda masih memiliki orangtua yang sehat bahkan bisa merawatnya. Merawat kedua orangtua yang telah lanjut usia atau lansia, merupakan kewajiban setiap anak.

Selain harus memperhatikan kondisi kesehatan, anak juga harus bisa memahami kebutuhan keduanya.

Salah satu kebutuhan tersebut adalah keamanan dan keselamatan mereka di dalam rumah. Sebab sebagaimana orang yang sudah lanjut usia, meski terlihat sehat, namun mereka umumnya mengalami kemunduran fisik sehingga bisa mengalami beberapa kendala fisik.

Untuk membuat rumah ramah lansia, coba perhatikan delapan tips ini yang sudah dirangkum dari berbagai sumber.

1. Mengurangi furnitur berisiko tinggi  

Kurangi menggunakan furnitur berisiko tinggi, seperti yang memiliki permukaan keras dan tajam. Hal ini berguna untuk mengurangi risiko benturan yang membahayakan jika terjadi kecelakaan, seperti terjatuh atau terpeleset. Pilih juga sofa yang nyaman, dan sebaiknya tidak terlalu empuk atau keras untuk mengurangi risiko sakit pada tulang saat duduk.  

2. Menambah pegangan tambahan 

Pasanglah beberapa pegangan tambahan di beberapa tempat yang sering digunakan atau dilalui lansia. Hal itu untuk mengurangi ancaman bahaya mereka. Pegangan tambahan bisa dipasang di area toilet, tangga, dan koridor. Pegangan tambahan akan memudahkan mereka untuk berdiri dan berjalan. Lapisi pegangan itu dengan kain atau busa sehingga tidak licin saat digenggam.

3. Pencahayaan yang baik 

Kemampuan melihat lansia cenderung menurun. Karena itu, gunakan pencahayaan terbaik di hunian kita. Penerangan terbaik di siang hari yakni menggunakan cahaya alami matahari. Jadi, pastikan hunian memiliki banyak bukaan yang memungkinkan sinar matahari masuk ke dalam rumah.

4. Anti-slip 

Kurangi benda-benda yang berbahaya dan menyebabkan lansia mudah tersandung atau terpeleset, seperti karpet atau keset. Jika ingin menggunakan karpet, pasang karpet menempel pada lantai sehingga tidak berbahaya. Gunakan juga anti-slip berbahan karet di kamar mandi. Banyak lansia terpeleset di kamar mandi karena lantai yang licin. Jika menggunakan bathtub, carilah alas bathtub yang aman.

BACA JUGA:Kata Ustadz Adi Hidayat 2 Benda ini Jadi Penghalang Rezeki Masuk ke Rumah

BACA JUGA:Ini Dia Tips Merenovasi Rumah Minimalis dengan Low Budget!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: