Kamu Disengat Lebah? Ini Cara Pertolongannya!

Kamu Disengat Lebah? Ini Cara Pertolongannya!

--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Saat kamu sedang santai di rumah atau jalan-jalan, tiba-tiba kamu merasakan sakit yang luar biasa karena tersengat lebat yang datang entah dari mana. Tentu saja hal itu membuat tidak nyaman dan menimbulkan rasa sakit yang luar biasa. 

Rasa sakit karena sengatan lebah bisa berlangsung selama beberapa jam.  Tapi, jangan khawatir karena  dapat mengobatinya sendiri di rumah. Biasanya, sengatan lebah tidak membutuhkan tindakan medis. Setelah beberapa jam, rasa sakit akan membaik dengan sendirinya, kecuali jika terjadi alergi atau sengatan terjadi secara berulang-ulang. 

Serangga yang memiliki sengatan berbahaya adalah lebah madu, kutu kerbau, tawon dan semut api. Menurut Stanley M. Zildo seperti dikutip dari bukunya yang berjudul 'First Aid, Cara Benar Pertolongan Pertama dan Penanganan Darurat', gejala sengatan serangga yang berbahaya dapat berupa nyeri, bengkak dan memerah, gatal, dan tempat sengatan atau gigitan serangga terasa panas.

Pertolongan Pertama Jika Tersengat Lebah

Sengatan lebah dapat diobati dengan pertolongan pertama. Berikut ini bisa menjadi langkah-langkah yang dapat dilakukan:

• Cabut bekas sengatan  

Saat menyengat, biasanya lebah meninggalkan sengatan. Cabut sengatan itu dengan menggunakan benda-benda yang permukaannya pipih dan keras, misalnya dengan menjepit menggunakan dua kartu yang tipis. Hindari menekan-nekan bekas sengatan, sebab akan membuat racun sengatan menyebar ke tubuh.

• Cuci bekas sengatan 

Cuci bagian yang tersengat dengan menggunakan sabun dan air dingin. Setelah itu berikan salep antibiotik. Air dingin dapat meredakan rasa nyeri dan sabun membantu mengangkat sisa kotoran atau racun. Bersihkan luka dengan baik dan bilas hingga bersih.

• Gunakan es batu 

Setelah sengatan berhasil dicabut, letakkan es batu di handuk kecil atau lap, lalu tempelkan pada kulit yang bengkak karena tersengat. Tempelkan kembali es pada daerah luka jika daerah tersebut kembali mengalami pembengkakan.

• Naikkan posisi lengan atau kaki 

Jika mengalami sengatan di lengan atau kaki, naikkan posisi lengan atau kaki. Tahan kaki menggunakan bantal agar posisinya berada lebih tinggi dari hati. Hal ini membantu meredakan rasa sakit dan pembengkakan.

• Berikan obat pereda nyeri 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: