Harimau Sumatera Berkaki Buntung Tertangkap di Mukomuko, Diduga Sudah Memangsa Ternak Warga

Harimau Sumatera Berkaki Buntung Tertangkap di Mukomuko, Diduga Sudah Memangsa Ternak Warga

Harimau Sumatera Berkaki Buntung Tertangkap di Mukomuko-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COMHarimau sumatera yang diduga telah memangsa ternak warga Mukomuko khususnya di Kecamatan V Koto akhirnya tertangkap.

Harimau ini tertangkap Rabu (5/4/2023) sekitar pukul 21.45 WIB di wilayah perkebunan Desa Lubuk Cabau, setelah masuk perangkap yang dipasang oleh petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) atas laporan masyarakat. 

Harimau ini sempat menghebohkan masyarakat dan terekam lewat kamera pengintai di kawasan PT. MMAS Kecamatan V Koto Mukomuko.

Setelah tertangkap harimau ini dievakuasi oleh pihak BKSDA dengan dibawa ke Bengkulu. Evakuasi turut dibantu pihak keamanan dari kepolisian dan TNI.

Dilansir dari Radarmukomuko.com, pihak PT. SIPEP, Rudianto, S.Hut asisten konservasi, mengatakan, harimau yang tertangkap ini, merupakan harimau jenis kelamin betina.

Harimau yang terperangkap ini mengalami cacat, dimana salah satu kakinya terpotong, diduga terkena jerat babi petani atau jerat pemburu.

“Harimaunya catat bagian kakinya buntung, kalau persoalan lain tidak ada, semua sehat,” katanya.

Diketahui pemasangan perangkap oleh pihak BKSDA sudah kurang lebih satu bulan. Pemasangan perangkap sendiri atas permintaan warga karena resah oleh keberadaan harimau yang sempat memangsa ayam warga.

Juga harimau ini sempat memasuki perumahan kariawan perusahaan setempat, hingga memunculkan ketakutan.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: