Pendaftaran UTBK SNBT 2023 Dibuka, Begini Cara Daftar dan Besaran Biaya

Pendaftaran UTBK SNBT 2023 Dibuka, Begini Cara Daftar dan Besaran Biaya

mahasiswa universitas bengkulu--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Pendaftaran Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) 2023 telah dibuka sejak Kamis, 23 Maret pukul 15.00 WIB lalu.

Syarat bagi calon pendaftar yaitu UTBK SNBT 2023 dapat diikuti siswa lulusan 2021, 2022, dan 2023 dari pendidikan menengah (SMA/MA/SMK dan sederajat), serta lulusan Paket C 2021, 2022, dan 2023.

Kemudian, usia maksimal pendaftar adalah 25 tahun per 1 Juli 2023. Keikutsertaan dalam UTBK menjadi syarat utama untuk mengikuti SNBT pada PTN Akademik, PTN Vokasi, dan Perguruan Tinggi Keagamaan Agama Islam Negeri (PTKIN).

BACA JUGA:Jangan Hilang! Kartu Pendaftaran SNBP untuk Daftar Ulang, Ini Cara Cetaknya

BACA JUGA:Catat! Ini Dia Situs Website Yang Bermanfaat untuk Mahasiswa

Tak hanya itu, calon peserta juga wajib memenuhi persyaratan pendaftaran UTBK SNBT berikut ini:

  • Memiliki Akun SNPMB.
  • Warga Negara Indonesia (WNI) yang memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK).
  • Siswa SMA/MA/SMK/sederajat calon lulusan tahun 2023 harus memiliki Surat Keterangan Siswa SMA/MA/SMK Kelas 12 atau peserta didik Paket C tahun 2023 dengan umur maksimal 25 tahun (per 1 Juli 2023).
  • Surat Keterangan Siswa Kelas 12 disertai dengan foto berwarna terbaru, stempel/cap sekolah, dan tanda tangan Kepala Sekolah.
  • Siswa lulusan SMA/MA/SMK/sederajat tahun 2021 dan 2022 atau lulusan Paket C tahun 2021 dan 2022 harus memiliki ijazah dengan umur maksimal 25 tahun per 1 Juli 2023.
  • Bagi lulusan SMA sederajat dari luar negeri maka ijazah harus sudah disetarakan.
  • Tidak lulus jalur SNBP 2023 atau SNMPTN pada tahun 2021, atau 2022.
  • Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses studi.
  • Bagi peserta tuna netra wajib mengunggah Surat Pernyataan Tuna Netra.
  • Hasil UTBK 2023 hanya berlaku untuk mengikuti SNBT dan penerimaan PTN 2023.

Sedangkan Materi UTBK SNBT meliputi Tes Potensi Skolastik (TPS), Literasi dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, serta Penalaran Matematika.

Bagi yang ingin mengikuti, pendaftaran UTBK SNBT dapat dilakukan secara online https://reg-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/

Adapun panduan pendaftaran UTBK SNBT 2023 dapat dilihat di menu unduhan. Secara umum tahapan pendaftaran UTBK-SNBT sebagai berikut:

1. Registrasi Akun SNBT, semua calon pendaftar UTBK-SNBT wajib menggunakan NISN, NPSN, dan tanggal lahir di laman https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id.

2. Login menggunakan akun SNPMB di https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id.

3. Pilih menu verifikasi dan validasi data. Lalu, isi dan lengkapi biodata, unggah pas foto berwarna terbaru, dan verifikasi biodata serta unduh dan unggah pernyataan tuna netra/low vision.

4. Pilih menu pendaftaran UTBK-SNBT. Selanjutnya, pilih program studi, unggah portofolio bagi program studi yang membutuhkan portofolio, pilih lokasi Pusat UTBK PTN, dan memperoleh slip pembayaran biaya UTBK.

5. Sedangkan untuk membayar akan diumumkan kemudian. Selanjutnya, cetak Kartu Peserta UTBK-SNBT dengan login ke laman https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id, pilih menu pendaftaran UTBK-SNBT untuk unduh Kartu Peserta UTBK.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: