Peringati Nuzulul Quran, Lakukan Tiga Amalan Ini

Peringati Nuzulul Quran, Lakukan Tiga Amalan Ini

--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Salah satu peristiwa penting dalam bulan Ramadhan yaitu malam Nuzulul Quran. Malam yang mulia ini diperingati umat Islam setiap 17 Ramadhan. Nuzul Quran tahun ini bertepatan pada 8 April 2023.

Nuzulul artinya turun dari tempat tinggi ke rendah dan Alquran artinya kitab suci umat islam. Nuzulul Quran adalah proses turunnya Alquran dari tempat yang tinggi ke muka bumi. Arti lebih lengkapnya adalah peristiwa turunnya Alquran dari Allah SWT yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW melalui perantara Malaikat Jibril.

Peristiwa Nuzulul Quran dapat diartikan sebagai penyampaian wahyu dari Allah SWT kepada Rasulullah SAW sebagai petunjuk bagi umat manusia untuk mencapai kebenaran. Proses turunnya Alquran sendiri terjadi dalam dua tahap.

Tahap pertama, Alquran diturunkan secara lenkap dari Lauhul Mahfudz pada malam Lailatul Qadar. Tahap kedua, setelah diturunkan ke langit dunia, Alquran diturunkan secara bertahap melalui Malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad SAW.

BACA JUGA:Hukum Membayar Zakat Online Menurut Buya Yahya

BACA JUGA:Bolehkah Mengikat Rambut Saat Sholat? Ini Penjelasan Ustadz Abdul Somad

Malam Nuzulul Quran juga mengandung sejumlah kemuliaan. Malam tersebut disebut sebagai malam yang penuh berkah, sebagaimana firman Allah SWT dalam surat Ad-Dukhan ayat 3:

إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةٍ مُبَارَكَةٍ ۚ إِنَّا كُنَّا مُنْذِرِينَ

Artinya: "Sesungguhnya Kami menurunkannya pada malam yang diberkahi. Sungguh, Kamilah yang memberi peringatan"

Dalam surat Ad-Dukhan ayat 4 juga dijelaskan bahwa malam Nuzulul Quran menjadi malam di mana takdir tahunan dicatat.

وَلَلْآخِرَةُ خَيْرٌ لَكَ مِنَ الْأُولَىٰ

Artinya: "Pada (malam itu) dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah,"

Nuzulul Quran hanya terjadi setahun sekali ini. Tentu kita sebagai umat Islam tidak ingin melewatkan keistimewaan yang ada di malam Nuzulul Quran. Maka dari itu kita harus tahu amalan baik apa yang harus dilakukan.

Apa saja amalan yang harus dilakukan ketika Malam Nuzulul Quran? Baca terus di halaman selanjutnya...

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: