4 Bansos ini Cair April 2023, Cek Daftar Penerimanya di sini

4 Bansos ini Cair April 2023, Cek Daftar Penerimanya  di sini

bansos--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Bantuan sosial atau bansos masih terus disalurkan pemerintah. Ada beberapa bansos yang kemungkinan akan cair pada bulan April 2023 ini.

Pertama adalah BNPT. Bansos BPNT tahap 1 telah disalurkan beberapa waktu lalu. Kini pencairan Bantuan Pangan Non Tunai tahap 2 kembali dinantikan para penerima manfaat.

Kementerian Sosial (Kemensos) menyalurkan bansos PKH dan BPNT ke Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dalam bentuk uang tunai.

Pada bulan Maret 2023 lalu, BPNT cair sebesar Rp 400,000 karena dirapel sekaligus bulan Januari dan Februari. Sedangkan PKH cair tahap pertama sesuai kategori sebesar Rp 225.000 hingga Rp750.000.

Perlu diketahui, PKH (Program Keluarga Harapan) merupakan salah satu program unggulan dari Kementerian Sosial yang memberikan bantuan uang secara nontunai melalui KKS (ATM Himbara).

BACA JUGA:Lagi Banyak Dicari, Harga Motor Yamaha F1ZR Melambung Tinggi: Sampai Ada yang Laku Terjual Rp 55 Juta

BACA JUGA:Waduh! Harga Beras Naik Lagi Rp 9.450 hingga Rp 13.600 per Kg

Yang menerima PKH adalah warga miskin yang memenuhi kriteria kemiskinan, memiliki komponen PKH dalam 1 KK (Kartu Keluarga), sudah masuk DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial), memiliki NIK yang sudah padan/online sistem Dukcapil, dan yang sudah ditetapkan oleh Kementerian Sosial sebagai penerima PKH.

Meski demikian, BPNT tahap 2 hanya akan diperuntukan kepada pemilik Kartu Keluarga Sosial (KKS). Nominal bantuan yang satu ini adalah Rp 200.000 per bulan.

Itu artinya dalam satu tahun, masyarakat akan mendapatkan Rp 2,4 juta. Bansos kedua adalah PKH tahap 2 yang juga akan dicairkan mulai April 2023 ini. Penyaluran BLT PKH tahap 1 telah disalurkan pada Januari, Februari, dan Maret. Kemudian, penyaluran tahap 2 akan disalurkan pada April, Mei, dan Juni.

 Ada beberapa kategori masyarakat yang akan mendapatkan bansos PKH ini, mereka antara lain:

Informasi penting, ketahui di sini besaran nominal yang akan diterima oleh KPM bansos PKH dan BPNT yang telah terdaftar di DTKS yang diprediksi cair Januari hingga Maret:

BACA JUGA:Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 51 Dibuka? Siapkan Syarat-syarat ini

BACA JUGA:Tarif Token Listrik Terbaru 2023, Beli Rp 50 Ribu Dapat Segini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: