Perjalanan Panjang Saat Mudik dengan Mobil Pribadi, Jangan Lupa Periksa Bagian Ini

Perjalanan Panjang Saat Mudik dengan Mobil Pribadi, Jangan Lupa Periksa Bagian Ini

Persiapan untuk mudik perlu dilakukan agar perjalanan berjalan lancar--Foto Istimewa

BENGKULUEKSPRESS.COM - Melakukan perjalanan mudik Lebaran tahun 2023 dengan mobil pribadi tentu sekarang lebih menyenangkan berkat adanya akses jalan Tol Trans Jawa. Namun sebelum melakukan perjalanan panjang itu, sebaiknya kamu mengingat sejumlah hal.

Pertama, jangan berkendara lebih dari 4 jam. Beristirahat di rest area sangat disarankan agar kondisi pengemudi tetap bugar dan sehat selama berkendara. Kedua, agar perjalanan mudik Lebaran 2023 ini lancar maka kamu perlu memastikan kondisi kendaraan tetap prima. Apa saja yang diperiksa?

1.Cek kondisi mobil

Melakukan servis berkala amat disarankan. Selain itu, kamu juga bisa melakukan pemeriksaan kadar oli mesin, aki, air radiator, seat belt, tekanan angin ban, AC, dan yang lainnya, apakah sudah dalam keadaan yang baik atau belum. Namun disarankan langsung membawa ke bengkel agar mekanik akan membantu memeriksa dan memberitahu secara detail apa yang perlu dibenahi pada mobilmu.

2.Surat kendaraan

Jangan lupa bawa surat kendaraan seperti Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan SIM A ya. Pastikan juga mobil pribadimu tidak telat membayarkan pajak kendaraan.

3.Bensin mobil terisi penuh

Sebagai pemilik mobil, kamu harus tahu berapa kapasitas maksimal tangki bensin mobilmu. Biar lebih aman, isi penuh tangkinya sebelum berangkat untuk menghindari drama mogok di tol trans Jawa karena kehabisan bensin.

4. Kartu tol di dalam mobil

Sama halnya dengan bensin, isi saldo kartu tol atau uang elektronik harus cukup sampai dengan tol akhir jalur perjalanan kamu. Simpan kartu tol cadangan di tas yang lain. Ini akan sangat membantu jika kartu tol kehabisan dana atau hilang.

5. Aplikasi peta

Baru pertama kali mudik di Lebaran 2023 dan belum tahu medan jalannya? Tidak masalah. Kamu bisa memelajari jalur perjalananmu jauh sebelum berangkat dan menggunakan Google Map selama perjalanan. Pelajari juga lokasi rest area, SPBU dan Astra Siaga Lebaran yang ada di sepanjang jalur tol yang kamu lalui. Ini membantumu membuat rencana kapan dan di mana harus singgah untuk beristirahat, mengisi bahan bakar, dan memeriksa kondisi kendaraanmu.

Beberapa informasi menyebutkan bahwa ada beberapa jalur tol Trans Jawa dan tol Trans Sumatera yang tidak aman.  Tenang, tidak perlu khawatir. Kepolisian sudah bersiap melakukan pengamanan dengan menyebarkan awaknya di sejumlah titik yang banyak dilewati pemudik momen Lebaran 2023 ini. 

6. Aplikasi SatuSehat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: