Pengumuman Kelulusan SPAN-PTKIN 2023, Ini Link dan Cara Ceknya

Pengumuman Kelulusan SPAN-PTKIN 2023, Ini Link dan Cara Ceknya

pengumuman span-ptkin 2023--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Hasil Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN), sudah diumumkan serentak pada 3 April 2023.

Caranya segera buka link website https://pengumuman-span.ptkin.ac.id. 

Kepastian informasi ini disampaikan Ketua Panitia SPAN-PTKIN yang juga Rektor UIN Walisongo Semarang Imam Taufiq. Menurutnya, SPAN-PTKIN 2023 diikuti 176.413 siswa.

Peserta yang dinyatakan lulus seleksi harus melakukan pendaftaran ulang. Prosedur daftar ulang ditetapkan oleh masing-masing PTKIN.

SPAN PTKIN adalah pola seleksi yang dilaksanakan secara nasional oleh seluruh UIN, IAIN dan STAIN dalam satu sistem yang terpadu. SPAN PTKIN diselenggarakan secara serentak oleh Panitia Pelaksana yang ditetapkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia.

BACA JUGA:Sekolah Kedinasan Poltek SSN 2023 Buka 125 Formasi, Ini Cara Daftar dan Seleksi Masuknya

BACA JUGA:Pendaftaran Seleksi Bintara Polri 2023 Dibuka sampai 11 April, Ini Syarat dan Nominal Gajinya

“Kami sampaikan selamat kepada yang lulus, dan segeralah melakukan registrasi ke kampus masing-masing, dengan memanfaatkan skema beasiswa secara kompetitif yang diatur oleh masing-masing kampus PTKIN. Beasiswa itu di antaranya Kartu Indonesia Pintar (KIP), Beasiswa Indonesia Bangkit (BIB) yang bekerja sama dengan LPDP, Beasiswa Baznas, dan lainnya,” tutur Imam Taufiq di Semarang, Minggu (2/4/2023).

Imam Taufiq menambahkan, setelah penyelenggaraan SPAN-PTKIN selesai, Panitia Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru PTKIN akan menggelar seleksi Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN).

“Bagi peserta yang belum lolos SPAN-PTKIN, kesempatan kuliah masih ada melalui jalur UM-PTKIN. Pendaftarannya akan dibuka pada 10 April sampai 15 Mei 2023,” jelasnya.

Perbedaan mendasar dari seleksi ini, lanjut Imam Taufiq, jika SPAN tanpa ujian tulis, maka dalam UM-PTKIN akan dilakukan ujian berbasis komputer yang dilaksanakan di masing-masing PTKIN. Link pendaftaran UM-PTKIN adalah sebagai berikut:Link pendaftaran UM-PTKIN adalah sebagai berikut: https://um.ptkin.ac.id/.

BACA JUGA:3 April 2023 Pendaftaran Seleksi IPDN Dibuka, Cek Syarat dan Cara Daftarnya

BACA JUGA:Seleksi Poltekip-Poltekim Kemenkumham 2023, Ini Syarat dan Alur Pendaftarannya

Pemeringkatan webometrics ini seringkali dijadikan acuan bagi para lulusan SMA maupun mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: