Siklon Tropis Herman Pemicu Hujan Lebat di Wilayah Jawa-Sumatera

Siklon Tropis Herman Pemicu Hujan Lebat di Wilayah Jawa-Sumatera

siklon tropis herman--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) meminta masyarakat pesisir di wilayah Jawa dan Sumatera untuk tetap waspada dengan siklon tropis Herman

Siklon tropis Herman merupakan pemicu hujan lebat di wilayah Jawa-Sumatera dalam beberapa hari terakhir. Namun, intensitasnya mulai menurun dalam 24 jam ke depan.

Di Samudra Hindia sebelah selatan Jawa, terpantau dengan kecepatan angin maksimum 105 knot dan tekanan udara minimum 940 mb (milibar), bergerak ke arah selatan tenggara.

"Diperkirakan intensitas Siklon Tropis Herman menurun dalam 24 jam ke depan dan bergerak ke arah selatan tenggara menjauhi Indonesia," kata Deputi Meteorologi, BMKG, Guswanto di Jakarta, Sabtu, 1 April 2023.

 BACA JUGA:Ini Rincian Tarif Listrik Terbaru Periode April-Juni 2023

BACA JUGA:Siap-siap! Ada Bansos Ramadan dari Pemerintah Pusat Cair April 2023

Meski intensitas siklon tropis Herman menurun, Guswanto mengingatkan untuk tetap waspada karena memberikan dampak tidak langsung terhadap cuaca di Indonesia dalam 24 jam ke depan.

Dampak yang berpotensi muncul adalah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai angin kencang di wilayah Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur.

Selain itu, lanjut dia, siklon tropis itu juga memberikan dampak tidak langsung terhadap tinggi gelombang perairan Indonesia.

Tinggi gelombang di kisaran 1,25-2,5 meter berpotensi terjadi di Perairan P. Enggano-Bengkulu, Samudera Hindia barat Mentawai hingga Bengkulu, Teluk Lampung bagian selatan, perairan selatan Bali.

BACA JUGA:Ketentuan Batas Usia Pensiun PNS Terbaru, Umur Berapa?

BACA JUGA:Harga Jual RX King Bekas Tahun 2023 Masih Tinggi, Pecinta Otomotif dan Kolektor Merapat!

Sementara itu, tinggi gelombang 2,5-4 meter berpotensi terjadi di perairan barat Lampung, Samudra Hindia barat Lampung, Selat Sunda bagian barat dan selatan, perairan selatan Pulau Jawa, serta Samudra Hindia selatan Jawa hingga Bali.

Penamaan siklon tropis Herman

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: