Ini Dia Yang Perlu Diketahui Penderita Diabetes Sebelum Menjalani Akupunktur

Ini Dia Yang Perlu Diketahui Penderita Diabetes Sebelum Menjalani Akupunktur

Pengobatan diabetes melalui akupuntur sudah diakui oleh badan kesehatan dunia WHO-Bengkulu Ekspress-Istimewa

BENGKULUEKSPRESS.COM - Diabetes bisa dikendalikan dengan melakukan terapi insulin serta menjaga pola hidup sehat, seperti menjalani pola makan seimbang dan berolahraga rutin. Namun, tahukah Anda bila ada manfaat akupunktur untuk Diabetes sebagai pengobatan alternatif?

Lebih dari 3.000 tahun lalu, praktisi pengobatan kuno dari Tiongkok mempelopori pengobatan akupunktur. Pengobatan ini dilakukan dengan merangsang titik aktivasi tertentu pada tubuh untuk mengobati berbagai kondisi.

Sekarang, akupunktur modern menjadi semakin populer dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pun mengakui bahwa akupunktur untuk diabetes bisa menunjang pengobatan yang sedang dijalani.

BACA JUGA:Agar Semakin Giat Mencari Rezeki, Ini Dia Hadits Tentang Bekerja

Mengenal terapi akupunktur untuk diabetes

Dilansir dari Medical News Today, Acupuncture in Medicine mengulas artikel mengenai akupunktur sebagai pengobatan masa depan untuk sensitivitas insulin dengan menggabungkan elektroakupunktur dengan penggunaan obat diabetes, yaitu metformin.

Ini dilakukan untuk mencari reaksi penurunan kadar glukosa darah yang lebih baik dan sensitivitas insulin yang lebih besar dengan kombinasi pengobatan tersebut. Hasilnya, kombinasi elektroakupunktur dengan metformin memang memberikan efek penurunan glukosa darah dan peningkatkan sensitivitas insulin daripada mengobati diabetes dengan metformin saja.

BACA JUGA:Ini Dia Terapi Senam Bagi Penderita Asam Urat

Dengan kata lain, akupunktur saja tidak akan mempan untuk mengendalikan diabetes. Pengobatan alternatif ini tetap harus dibarengi dengan pengobatan medis yang sudah dianjurkan dokter, misalnya obat metmorfin atau suntik insulin. Jika digabung dengan pengobatan dari dokter, akupunktur untuk diabetes relatif ampuh.

Manfaat akupunktur untuk diabetes

Teknik akupuntur yang direkomendasikan untuk mengobati diabetes tipe 1 dan diabetes tipe  2 bervariasi. Beberapa tekniknya adalah membantu menurunkan berat badan, metabolisme, fungsi organ, dan mengurangi nyeri saraf. Manfaat akupuntur untuk diabetes sebagai berikut:

1. Mengurangi rasa sakit. Akupuntur merangsang endokrin yang mana memicu hormon yang mengendalikan kadar gula dalam darah. Selain itu, hormon tersebut juga memicu perasaan positif dalam tubuh sehingga menghambat rasa sakit.

2. Mengatur kadar gula. Akupuntur mampu mengatur kortisol, yaitu salah satu hormon stres dan juga meningkatkan kadar gula darah. Teknik akupuntur yang dilakukan dapat menyeimbangkan kortisol sehingga gula darah dapat dikendalikan.

Teknik akupuntur untuk diabetes

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: