Jawab Pertanyaan Ini untuk Mengetahui Karir Apa yang Cocok Bagi Anda?

Jawab Pertanyaan Ini untuk Mengetahui Karir Apa yang Cocok Bagi Anda?

--

Hasil Penilaian :

Dominan A: Startup

Secara pribadi, anda dinamis, suka tantangan, kreatif, dan haus ilmu. Anda juga suka mengerjakan banyak hal sekaligus dan diikutsertakan dalam proyek-proyek yang menantang. 

Anda cocok menggeluti startup. Saat kerja di startup, hampir pasti anda akan punya deskripsi pekerjaan yang luas dan tidak terpaku hanya pada bidangmu saja. Job description juga bisa berubah, tergantung perkembangan perusahaan. 

Karena itu, startup membutuhkan orang-orang kreatif, suka tantangan, pandai beradaptasi, dan siap bekerja di luar batas jam kerja. Selain itu, banyak startup yang hanya bisa menawarkan gaji yang tak terlalu tinggi, tapi dengan kesempatan belajar besar. Walaupun ada juga startup yang menawarkan gaji menggiurkan untuk mendapat talenta-talenta terbaik. 

Sarannya, kalau memang mau kerja di startup, cari tahu apakah startup tersebut punya pendanaan yang bisa diandalkan. Misalnya, mereka baru mendapat investor, atau mereka di-backup oleh perusahaan dengan kekuatan finansial besar. Dengan demikian, anda jadi yakin kalau perusahaan tempat anda bekerja akan bisa sustain.

Dominan B: Bisnis Kecil – Menengah 

Secara pribadi, anda adalah orang yang suka bergaul dengan teman-teman kantor, baik di dalam maupun di luar jam kerja. Anda akan nyaman bekerja kalau dikelilingi oleh orang yang akrab dan mengenalmu dengan baik.

Kalau anda mendambakan lingkungan kerja yang nyaman dan kekeluargaan, tapi kondisi perusahaannya sudah lebih stabil daripada startup, anda mungkin cocok bekerja di bisnis kecil hingga menengah (jumlah karyawan di bawah 500). Perusahaan kecil biasanya sudah punya tujuan jangka panjang yang jelas, jadi tidak terlalu “dinamis dan mudah berubah” seperti banyak startupyang ada.

Bisnis kecil-menengah, walaupun biasanya sudah punya pendapatan yang stabil, jumlah karyawannya masih sedikit. Semakin sedikit karyawan, pekerjaan yang dialokasikan untuk masing-masing karyawan biasanya lebih kompleks. Dengan demikian, anda berpotensi untuk menunjukkan kemampuan dan mengeksekusi proyek-proyek yang bakal mempertajam bakatmu. Intinya, anda bisa jadi “ikan besar di kolam kecil” dan naik jabatan dengan cepat.

Dominan C: Korporasi Besar

Korporasi besar memiliki karyawan di atas 500 orang. Jenis perusahaan ini merupakan idaman bagi banyak pencari kerja, karena ketenaran nama perusahaan bagus untuk CV, kondisi keuangan dan lingkungan kerjanya relatif stabil, dan seringkali menawarkan gaji besar.

Anda cocok bekerja di sini karena anda mendambakan kepastian dalam bekerja. Umumnya korporasi besar sudah punya sistem pembagian kerja yang jelas, aturan yang baku dan tertata rapi. Karyawan di sini umumnya punya rencana pengembangan karir yang jelas, dan diberi pelatihan rutin, sesuai kebutuhan dan kompetensi yang dibutuhkan oleh posisi mereka.

Dominan D: Organisasi Non-profit 

Kalau anda adalah orang yang peduli dengan sesama dan dunia, mungkin anda cocok kerja di organisasi non-profit (NGO). Anda ingin semua pekerjaan yang anda lakukan bernilai bagi orang lain, atau bisa membuat dunia jadi tempat yang lebih baik. Posisi dan jabatan, juga gaji, bukan hal terpenting buatmu. Anda mendapat kepuasan batin karena anda yakin dengan nilai-nilai perusahaan, dan apa yang anda lakukan bisa membantu orang lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: