Begini Cara Ampuh Mengatasi Kantuk Saat Berkendara di Bulan Puasa

Begini Cara Ampuh Mengatasi Kantuk Saat Berkendara di Bulan Puasa

ilustrasi mengantuk-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

Tidak hanya memperlancar metabolisme tubuh, memenuhi kebutuhan air putih juga dapat meningkatkan fokus dan menghindari rasa kantuk yang berlebihan saat beraktivitas sehari-hari.

Dengan pola minum 2-2-2-2 ini, pasokan air putih dalam tubuh tidak akan kurang dan dapat tercukupi meskipun Anda berpuasa pada siang hari.

3. Peregangan Ringan

Salah satu cara untuk menghindari rasa kantuk saat berkendara adalah dengan melakukan beberapa gerakan ringan. Ketika berkendara dengan motor, rasa kantuk mungkin akan muncul ketika melalui jalan yang sepi.

Suhu panas dan kondisi yang tidak nyaman dapat menyebabkan kantuk ketika berkendara. Oleh karena itu, sebelum memulai perjalanan, ada baiknya untuk melakukan sedikit peregangan.

Anda tidak perlu melakukan gerakan yang terlalu lama, hanya beberapa menit untuk meregangkan otot-otot dapat membantu menjaga kewaspadaan dan menghindari rasa kantuk saat berkendara.

4. Putar Musik yang Bertempo Cepat

Salah satu cara untuk menghindari rasa kantuk saat berkendara adalah dengan mendengarkan musik. Namun, pastikan musik yang dipilih memiliki irama cepat atau up beat.

Mendengarkan musik dapat membuat tubuh yang tegang karena kantuk menjadi lebih santai. Oleh karena itu, hindari mendengarkan musik dengan irama pelan karena hal ini dapat membuat pikiran semakin santai dan mengantuk.

5. Mengobrol

Mengobrol dengan orang lain dapat menjadi cara lain untuk menghindari rasa kantuk saat berkendara. Ini terutama efektif jika Anda melakukan perjalanan bersama teman atau keluarga. Berkendara sendirian bisa membuat rasa kantuk semakin berlebihan.

Dalam perjalanan, kehadiran teman atau keluarga di dalam mobil bisa membuat Anda lebih terjaga. Anda bisa melakukan obrolan santai atau mendengarkan cerita untuk mengalihkan rasa kantuk saat berkendara. (AMX)

Sumber: Berbagai Sumber

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: