Bolehkah Sholat Sunnah Lainnya Setelah Sholat Witir? Ini Penjelasan Ustadz Adi Hidayat

Bolehkah Sholat Sunnah Lainnya Setelah Sholat Witir? Ini Penjelasan Ustadz Adi Hidayat

ustadz adi hidayat--

BENGKULUEKSPRESS.COM - Sholat Witir adalah salat sunah yang dikerjakan pada waktu malam hari antara setelah waktu isya dan sebelum waktu salat subuh, dengan rakaat ganjil.

Sholat ini dilakukan setelah sholat lainnya, seperti tarawih dan tahajjud, hal ini didasarkan pada sebuah hadis.

Sholat witir dikenal sebagai sholat penutup setelah melaksanakan sholat sunnah, seperti yang terjadi ketika melaksanakan salat tarawih.

Ustadz Adi Hidayat atau yang lebih akrab disapa UAH menjelaskan tentang arti dan konsep sholat witir dalam agama Islam. Menurut UAH, para ulama memahami witir dengan dua pendekatan berdasarkan teks hadist.

BACA JUGA:Begini Cara Sholat Tarawih Sendiri di Rumah Menurut Ustadz Adi Hidayat

BACA JUGA:Hukum Membaca Alquran di HP dan Pahalanya, Ini Kajian Ustadz Adi Hidayat

Pertama, pendekatan yang yang disepakati bahwa witir merupakan penutup dari sholat yang ditunaikan. 

"Jadi kalau sudah witir malam, kita menutup salat, sholat terakhir yang ditunaikan di malam hari untuk menutup rangkaian sholat," kata UAH dalam tayangan video yang diunggah YouTube Adi Hidayat Official.

Kedua, pendekatan yang terdapat perbedaan di dalamnya. Hal ini dikarenakan rangkaian teks yang sampai kepada kita dari hadis Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam itu hanya menggambarkan sebagai rangkaian penutup sholat. 

Maka, kata UAH, ada dua kesimpulan yang menjadi letak perbedaan di antara para ulama. Di mana, yang pertama, disimpulkan bahwa karena witir itu menutup, jika sudah ditutup, tidak usah sholat lagi. 

Ustadz Adi Hidayat lalu memberi contoh, misalnya seseorang pada saat Ramadhan mengerjakan witir setelah tarawih. Setelah witir, pada pemahaman yang pertama ini, dia sudah menutup sholatnya.

"Maka malam tidak ada potensi untuk sholat lagi karena sudah ditutup sholatnya. Sehingga malam dapat diisi dengan tilawah, dzikir dan sebagainya," urai Ustadz Adi Hidayat.

BACA JUGA:Saat Jeda Sholat Tarawih, Baca Doa Ini Semua Dosa Diampuni Kata Ustadz Adi Hidayat

BACA JUGA:Tanda Puasa Anda Berhasil, Ada Perubahan Karakter! Begini Penjelasan Ustadz Adi Hidayat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: