Bus Bawa Jemaah Umrah di Arab Saudi Terbakar, 20 Orang Tewas

Bus Bawa Jemaah Umrah di Arab Saudi Terbakar, 20 Orang Tewas

Bus Bawa Jemaah Umrah di Arab Saudi Terbakar, 20 Orang Tewas-(foto: istimewa/bengkuluekspress.disway.id)-

BENGKULUEKSPRESS.COM - Satu unit bus yang mengangkut jemaah haji ke kota suci Mekah terbakar setelah menabrak jembatan pada Senin, 27 Maret 2023. 

Kecelakaan nahas itu menyebabkan 20 jemaah meninggal dan puluhan orang lainnya luka-luka.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah menyampaikan, berdasarkan informasi yang diperoleh dari media resmi Saudi, kecelakaan diduga akibat kerusakan rem.

"Saat ini KJRI Jeddah sedang berkoordinasi dengan otoritas setempat mengenai kemungkinan adanya korban WNI dalam kecelakaan tersebut," ujar Faizasyah, kepada wartawan, Selasa (28/3/2023).

BACA JUGA:Arab Saudi Pangkas Jeda Waktu Azan dan Ikamah Jadi 10 Menit, Ada 10 Aturan Selama Ramadan

BACA JUGA:Arab Saudi Tetapkan 1 Ramadan Besok, 23 Maret 2023, Indonesia Diputuskan Hari Ini

Menurut laporan media TV Al Ekhbariya, kecelakaan itu terjadi sekitar pukul 4 sore di Aqabat Shaar di provinsi Asir. Bus berangkat dari Khamis Mushayt dan menuju ke wilayah Abha.

Sebelumnya, kecelakaan bus yang mengangkut jemaah umrah terjadi di wilayah Aqaba Shaar, Provinsi Ashir. Dilansir kantor berita AFP, peristiwa ini terjadi pada Senin (27/3) waktu setempat di bulan suci Ramadan, yang merupakan waktu sibuk untuk umrah.

"Menurut informasi awal yang kami terima, jumlah kematian dalam kecelakaan ini mencapai 20 orang, dan jumlah total luka-luka sekitar 29 orang," demikian laporan media Saudi, Al-Ekhbariya.

Disebutkan para korban memiliki kebangsaan yang berbeda-beda, namun tidak ada keterangan lebih rinci mengenai identitas para korban. Media tersebut menyebut bus mengalami 'masalah mobil', tanpa menyebutkan secara spesifik.

BACA JUGA:Biaya Umroh Bisa Makin Melonjak, Harga-harga di Arab Saudi Naik Dratis, Ini Detailnya

Sedangkan surat kabar swasta, Okaz melaporkan kecelakaan bus itu diakibatkan oleh masalah pada rem. Kendaraan itu 'kemudian menabrak jembatan, terbalik dan terbakar'. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: